'Bedhol Desa', Pelaku kesenian, budaya, serta UMKM Kudus Siap Pamerkan Potensi di Jakarta

- Kamis, 19 Mei 2022 | 10:12 WIB
Tim wayang klithik Desa Wonosoco berlatih di balai desa, untuk menyambut pentas di Jakarta dengan lakon Geger Singosari. (suaramerdeka.com / Prayitno)
Tim wayang klithik Desa Wonosoco berlatih di balai desa, untuk menyambut pentas di Jakarta dengan lakon Geger Singosari. (suaramerdeka.com / Prayitno)

KUDUS, suaramerdeka.com - Para pelaku kesenian, budaya, serta UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Kabupaten Kudus akan ’bedhol desa’, untuk memamerkan potensi yang mereka miliki di Jakarta.

Acara yang diinisiasi Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) Se-Jabodetabek dalam Kudus Festival 2022 digelar selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (21-22/5).

Ketua FKMK Se-Jabodetabek, Marsekal Madya TNI Eris Herryanto mengatakan, Kudus Festival 2022 diharapkan mampu menghadirkan 'potret' Kudus secara lengkap.

"Kami rasa tidak cukup kalau hanya menampilkan potensi UMKM dan kepariwisataan dalam pameran. Tentu budaya tidak bisa ditinggalkan," tuturnya.

Baca Juga: Jodoh Kamis Kliwon Siapa? Ini 8 Weton yang Cocok Menurut Primbon Jawa

Dalam realitanya, menurutnya, UMKM, pariwisata, dan budaya bahkan menjadi sebuah kesatuan yang sinergis.

"Saling membutuhkan, sehingga tiga sektor tersebut seringkali, memerlukan kerja sama. Maju bersama-sama," ujarnya.

Event ekspo dan pentas seni tersebut, tak hanya mendapat dukungan dari Pemkab Kudus, tetapi juga dari pihak swasta di Kudus maupun Jakarta.

Eris menginformasikan, panggung kesenian antara lain akan menampilkan Tari Kretek oleh Sanggar Puringsari dan Tari Batik Pesona Kudus oleh Sanggar Ciptoning Asri, Wayang Klithik dari Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 19 Mei 2022: Elsa Mulai Salahkan Andin, Ammar Beri Pembelaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X