Gelar Aksi Damai, Masyarakat Batak di Yogyakarta Tolak Aksi Premanisme

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:12 WIB
Aksi Damai dan Solidaritas Masyarakat Batak di Tugu, DI Yogyakarta, Sabtu, 14 Mei 2022.(suaramerdeka.com / dok Pemuda Batak Bersatu)
Aksi Damai dan Solidaritas Masyarakat Batak di Tugu, DI Yogyakarta, Sabtu, 14 Mei 2022.(suaramerdeka.com / dok Pemuda Batak Bersatu)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Masyarakat Batak yang tergabung dalam Pemuda Batak Bersatu di Yogyakarta menggelar aksi damai di Tugu Pal Putih, Kota Yogyakarta, Sabtu 14 Mei 2022.

Unjuk rasa yang diikuti ribuan warga Batak perantauan tersebut dilakukan buntut meninggalnya dua mahasiswa di Jogja, yaitu David Siallagan dan Tegar Imam Prakarsa.

Ketua Pemuda Batak Bersatu DPD DI Yogyakarta, Gabriel Ambo Saragi mengatakan, dalam aksi damai ini, pihaknya menyuarakan kepada Pemerintah Daerah.

Kemudiann, negara dalam hal ini diwakili Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bertindak tegas terhadap segala aksi premanisme dan kekerasan.

Baca Juga: Mau Pasang Antena TV Digital? Ikuti 7 Tips Berikut, Dijamin Gambar Bersih dan Bebas Semut

Selain itu diharap peka terhadap aktivitas oknum-oknum tertentu yang terlibat dalam aksi dan kegiatan premanisme di seluruh wilayah Yogyakarta

Sesuai Konsep Presisi Kapolri, transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas, transparansi yang berkeadilan. 

Bahwasannya anggota Polri diharapkan memiliki kemampuan memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan serta potensi gangguan Kamtibmas berdasarkan analisa data, fakta, dan informasi. 

"Kepolsian diharapkan lebih peka dan sensitif terhadap suara-suara bisik masyarakat yang mengeluhkan aktivitas premanisme yang kerap mengintimidasi, mengancam, dan meneror masyarakat di wilayah kota Yogyakarta," kata Gabriel Ambo Saragi.

Baca Juga: Waisak Jatuh pada 16 Mei 2022, Ini Asal Kata dan Makna di Balik Perayaannya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X