Diduga Selang Gas Bocor, Warung Makan Terbakar

- Senin, 25 Desember 2017 | 20:54 WIB
PADAMKAN API: Petugas dibantu warga berusaha memadamkan api yang membakar warung makan di kompleks pertokoan Magelang Theater Alun-alun Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
PADAMKAN API: Petugas dibantu warga berusaha memadamkan api yang membakar warung makan di kompleks pertokoan Magelang Theater Alun-alun Kota Magelang. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Tepat di hari Natal, Senin (25/12), sebuah warung makan di kompleks pertokoan Magelang Theater Jalan A Yani, Alun-alun Kota Magelang terbakar. Peristiwa yang memakan seorang korban luka-luka ini, diduga akibat gas elpiji bocor di bagian selang.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kota Magelang, Eko Yanuarso mengatakan, korban bernama Miftahul Arifin, (22), warga Dusun Pakalan Desa Rejosari, Bandongan, yang merupakan pemilik warung nasi goreng dan ayam penyet itu. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Kebakaran ini, katanya terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu korban tengah memasak air menggunakan kompor gas di dapur. Menunggu air masak, korban menyapu bagian dalam warung.

"Tiba-tiba terdengar suara selang bocor dari arah dapur. Korban pun memeriksa arah suara tersebut, namun saat hendak mengecek tiba-tiba api menyambar dari selang gas mengarah ke korban. Korban pun berteriak minta tolong kepada warga sekitar," ujarnya, di tempat kejadian perkara (TKP).

Mendapat laporan adanya kebakaran, pihaknya lngsung meluncur ke lokasi dan mengerahkan satu armada untuk memadamkan si jago merah. Selang beberapa menit api berhasil dipadamkan.

Akibat kejadian tersebut, ruang dapur warung terbakar, berikut barang-barang yang ada di dalamnya, berupa tabung gas, kulkas, dan eternit warung. Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 5 juta. Sementara korban mengalami luka bakar dan sudah dirawat di RSU Tidar Magelang.

Eko menduga, kebakaran ini disebabkan oleh bocornya selang kompor gas yang digunakan untuk memasak. Hal ini terlihat dari keterangan saksi yang menyebutkan sebelum terbakar, terdengar suara mendesis dari arah selang. Kondisi tabung gas pun sebagian terbakar.

Atas kejadian ini, Eko meminta kepada masyarakat agar waspada dalam menggunakan tabung gas elpiji. Masyarakat diminta untuk memperhatikan kelayakan dari kompor, selang dan tabung gas. "Harus sering diperiksa, apakah selang masih bagus, ada kebocoran atau seperti apa. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan," tandasnya. 

Editor: Nugroho

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X