Penghijauan Hutan Merapi Ditargetkan 450 Hektare

- Sabtu, 18 November 2017 | 10:20 WIB
foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Penghijauan lereng Gunung Merapi perlu terus digalakkan. Pasca erupsi 2010, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) menargetkan kegiatan reboisasi di kawasan itu sampai dengan 2019 mendatang seluas 450 hektare.

Namun hingga menjelang akhir tahun 2017 ini, baru sekitar 90 hektare lahan yang ditanami kembali. "Perlu upaya dan partisipasi semua pihak untuk mengembalikan lereng Merapi agar pulih kembali," kata Balai TNGM Ari Nurwanti, kemarin.

Dia menjelaskan, ada tiga macam langkah yang diterapkan untuk menghijaukan kembali kawasan Merapi. Yakni restorasi, rehabilitasi, dan suksesi. Artinya, tanaman dibiarkan tumbuh dengan sendirinya. Contohnya adalah tanaman akasia debora karena bijinya tahan terhadap awan panas. Begitu awan panas tersapu hujan, tanaman itu bisa tumbuh dengan sendirinya.

Senada disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo,  yang meminta partisipasi perusahaan milik daerah mau pun swasta untuk mendukung pelestarian hutan Merapi. Seperti yang baru saja dilakukan oleh PDAM Sleman dengan menanam 1.000 pohon tanaman endemik di TNGM.

"Ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap kelestarian lingkungan, dan sumber air. PDAM tidak hanya mengambil air saja,  tapi juga berupaya agar sumber air dapat tersedia dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Sri.

Dalam lingkup yang lebih luas, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya arti pemeliharaan kelestarian lingkungan. Dia juga berpesan kepada masyarakat sekitar lereng Merapi untuk ikut menjaga, agar pohon yang ditanam dipastikan dapat hidup, diiringi dengan upaya pemeliharaan. Tanpa pemiliharaan yang  baik, pohon yang ditanam akan sulit tumbuh secara optimal.                    

Editor: Nugroho

Terkini

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB

BIN Door to Door Vaksin Warga Temanggung

Kamis, 23 September 2021 | 20:30 WIB
X