Warga Terdampak Rob Miliki Rumah Nyaman dan Terbebas dari Genangan

- Jumat, 18 Februari 2022 | 15:06 WIB
Suasana rumah di Perumahan Mutiara Tragung I, Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang yang ditempati Miftachudin sejak 2016. (suaramerdeka.com/ Isnawati)
Suasana rumah di Perumahan Mutiara Tragung I, Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang yang ditempati Miftachudin sejak 2016. (suaramerdeka.com/ Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Rumah Miftachudin Harun (43) di Blok K Perumahan Mutiara Tragung I, Desa Tragung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, akhir-akhir ini selalu ramai. Setiap sore, anak-anak dan orang dewasa terlihat berkumpul di beranda. Sesekali, mereka berjalan keliling perumahan menikmati suasana senja. Kehadiran mereka mewarnai hari-hari Miftachudin yang selama ini tinggal sendiri.

Mereka adalah keluarga Miftachudin dari Desa Tegaldowo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. Rumah mereka di Tegaldowo digenangi banjir sehingga Miftachudin mengajak mereka tinggal di rumahnya. Ada 16 orang kerabatnya yang kini tinggal di bersamanya. Sudah lebih dari 15 hari mereka di rumahnya.

"Alhamdulillah, saya punya rumah di sini. Tegaldowo memang sering tergenang banjir maupun rob. Jadi kalau keluarga saya rumahnya kebanjiran, saya ajak tinggal di sini hingga banjirnya surut baru pulang,” kata Miftachudin, Senin (14/2).

Baca Juga: Elma Theana Dikabarkan Mundur dari WO Pernikahan Vena Melinda dan Ferry Irawan, Ada Apa?

Ini bukan kali pertama Miftachudin memboyong keluarganya mengungsi ke rumahnya. Tahun lalu, ia juga mengajak keluarganya tinggal bersamanya saat banjir dan rob melanda Desa Tegaldowo. Mereka tinggal di rumah Miftachudin selama satu setengah bulan.

Miftachudin menempati rumah di Perumahan Mutiara Tragung I sejak 2016 setelah menandatangani akad kredit kepemilikan rumah (KPR) di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pekalongan. Saat itu, ia bekerja sebagai tenaga marketing. Dia memanfaatkan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk membeli rumah tipe 36/70 seharga Rp 126 juta, dengan uang muka Rp 16 juta.

Harapannya untuk memiliki rumah yang nyaman dan terbebas dari genangan pun terwujud. Karena selama puluhan tahun, Miftachudin tinggal di rumah orang tuanya yang sering digenangi banjir dan rob.

Baca Juga: Weton Jumat Kliwon Orangnya Plin Plan, Bikin Orang Lain Bingung

Miftachudin menceritakan, tempat tinggalnya di Tegaldowo mulai terdampak rob sejak 2014. Rob tidak hanya menggenangi lingkungan, namun mulai masuk ke dalam rumahnya. Untuk mengatasi hal itu, pada 2014, Miftachudin meninggikan lantai rumahnya setinggi 50 centimeter dengan menguruknya menggunakan tanah dan batu kali. Pengurukan itu menghabiskan tanah dan batu kali sebanyak 20 truk dengan biaya Rp 350.000 per satu truk.

Namun, rob dan banjir kembali menggenangi rumahnya pada April 2016. Meskipun lantai rumahnya sudah ditinggikan, namun air tetap saja masuk ke dalam rumah hingga setinggi 30 centimeter. Sehingga ia  meninggikan lagi lantai rumahnya setinggi 30 centimeter dengan menghabiskan material sepuluh truk.

Meskipun sudah berkali-kali ditinggikan, namun rumahnya masih belum terbebas dari rob. Ia dan ibunya masih sering tidur di atas genangan rob. Sehingga untuk ketiga kalinya, ia meninggikan lantai rumahnya setinggi 80 centimeter. Untuk yang ketiga ini, semua jendela dan pintu dibongkar untuk menyesuaikan ketinggian lantai. Sudah tidak terhitung berapa banyak tabungannya tersedot untuk memperbaiki rumah agar ia dan ibunya tinggal di rumah yang nyaman dan terbebas dari genangan.

Karena upaya meninggikan lantai rumah tidak menyelesaikan masalah, Miftachudin memutuskan untuk membeli rumah di tempat yang aman dari banjir dan rob. “Saya bersyukur bisa membeli rumah ini. Prosesnya mudah, uang muka terjangkau, angsurannya ringan, Rp 775.000 perbulan. Dan terlebih lagi, saya sudah tidak pernah merasakan tidur di atas genangan air,” ujarnya penuh syukur.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X