Ketersediaan Critical Bed di Sleman Semakin Sedikit

- Minggu, 13 Juni 2021 | 15:35 WIB

SLEMAN, suaramerdeka.com - Ketersediaan bed bagi pasien critical Covid-19 di Sleman semakin sedikit. Sampai dengan Sabtu, 12 Juni 2021 sudah 79 persen bed yang terisi.

Sementara, jumlah tempat tidur critical hanya ada 56 unit. Itu pun tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas yang khusus diperuntukkan pasien Covid-19 dengan gejala kritis dan butuh alat ventilator.

"Sebenarnya sudah sejak Januari lalu kita minta rumah sakit menambah critical bed. Tapi hal itu memang tidak mudah," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo, Minggu (13/6).

Baca Juga: Rizal Ramli: Lebih Baik Pemerintah Fokus ke Masalah Utang daripada Menaikkan PPN

Dari 27 rumah sakit di Sleman, hanya beberapa yang memiliki critical bed diantaranya RSA UGM, Sardjito, Hermina, RSUD Sleman, dan PKU Gamping.

Kondisi tidak jauh berbeda tampak pada ketersediaan bed non-critical yang diperuntukkan pasien gejala sedang hingga berat. Sekarang ini hanya tersisa 40 persen dari total 436 bed non-critical.

Penetapan Instruksi Bupati (Inbup) Nomer 14 Tahun 2021 tentang pembentukan shelter tingkat kalurahan diharapkan bisa membantu mengatasi persoalan itu. Terlebih belakangan, tren kasus Covid-19 kembali meningkat.

Baca Juga: Petugas Gabungan Tes Swab Acak di Pusat Keramaian

"Kita tetap berusaha mengkondisikan. Kehadiran shelter kalurahan diharapkan bisa menampung pasien yang tidak memenuhi syarat isolasi mandiri, sehingga menekan resiko penularan ke anggota keluarga maupun tetangga," terang Joko.

Aturannya, pasien yang menjalani isolasi mandiri tidak boleh keluar dari rumah. Namun faktanya masih ada yang beraktivitas di luar lingkungan rumah, bahkan mengikuti kegiatan kemasyarakatan seperti kerja bakti atau ronda.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X