Pemkab Kebumen Bakal Bangun Panti Rehabilitasi ODGJ

- Kamis, 5 Oktober 2017 | 16:12 WIB
GANGGUAN JIWA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyapa orang dengan gangguan jiwa yang dirawat di rumah Marsiyo di Desa Winong, Kecamatan Mirit, Kebumen, Kamis (5/10). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)
GANGGUAN JIWA: Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyapa orang dengan gangguan jiwa yang dirawat di rumah Marsiyo di Desa Winong, Kecamatan Mirit, Kebumen, Kamis (5/10). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Keberadaan tempat penampungan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Winong, Kecamatan Mirit, Kebumen mendapat perhatian Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Orang nomor satu di jajaran Pemkab Kebumen itu mengunjungi rumah milik Marsiyo, Kamis (5/10). 

Melihat kondisi yang ada, Bupati Mohammad Yahya Fuad mengaku prihatin dengan keberadaan para pasien gangguan jiwa tersebut. Bagaimana tidak, para penghuni penampungan itu kondisinya sangat memprihatinkan. Mulai dari kondisi pasien yang dipasung, tempat kotor hingga terbatasnya makanan. 

Meski demikian, Bupati mengapresiasiasi apa yang dilakukan Marsiyo yang peduli terhadap para ODGJ. Terlebih yang dilakukan pria 80 tahun itu tanpa pamrih.

"Ini luar biasa yang dilakukan Pak Marsiyo," ujarnya di sela-sela kunjungan.

Pada kesempatan itu, bupati memberikan bantuan sejumlah uang kepada Marsiyo. Tak hanya itu, Bupati berinisiatif akan membangun panti rehabilitasi bagi ODGJ yang ada di Kebumen. Terlebih, Kebumen telah memproklamirkan diri sebagai kabupaten bebas pasung.

"Kami akan memanfaatkan bangunan RSUD lama untuk penanganan ODGJ agar lebih layak," imbuhnya.

Bupati bersama rombongan langsung mengecek kondisi bangunan bekas RSUD. Pihaknya berharap awal tahun depan bangunan yang telah lama mangkrak itu sudah bisa dimanfaatkan menjadi panti rehabilitasi bagi ODGJ.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Terkini

Selama Pandemi Pelanggaran Lalu Lintas Turun

Senin, 20 September 2021 | 21:53 WIB

Pesantren Didorong Jadi Kader Penanganan TBC

Senin, 20 September 2021 | 14:45 WIB

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB

Banyak Petani Frustrasi, Pemerintah Beri Pelatihan

Minggu, 19 September 2021 | 19:20 WIB

Pola Vaksinasi Jemput Bola, Sediakan Ayam untuk Hadiah

Minggu, 19 September 2021 | 15:35 WIB
X