Bulan K3, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan JKK dan JKM

- Kamis, 3 Februari 2022 | 22:18 WIB
Bulan K3, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan JKM. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)
Bulan K3, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan JKM. (suaramerdeka.com/Irawan Aryanto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dilaksanakan di PT Kubota Indonesia BSB, Semarang, Kamis, 3 Februari 2022, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan empat santunan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada para ahli waris dan penerima.

Santunan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai apel Bulan K3 Nasional tahun 2022.

Apel Bulan K3 Nasional tahun 2022 mengusung tema Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi dengan subtema di Jateng Digitalisasi K3 Jateng Ber-AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Baca Juga: Bertahun-tahun Pengobatan Massal, 'Kaki Gajah' Belum Musnah

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jateng dan DIY Cahyaning Indriasari yang ditemui seusai kegiatan mengatakan, bahwa keselamatan dan kesehatan para pekerja merupakan tanggung jawab bersama salah satunya mengikuti aturan K3.

"Kaitannya dengan K3, BPJS Ketenagakerjaan bertugas memastikan semua karyawan mengikuti aturan K3 dan memastikan sudah terjamin saat terjadi risiko," kata Naning, panggilan akrab Cahyaning Indriasari.

Naning menegaskan, dengan seluruh pekerja terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka saat pekerja mengalami risiko kecelakaan kerja hingga kematian, tidak lagi menjadi tanggung jawab perusahaan, karena telah dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Sasar 17 Wilayah, BIN Jateng Siapkan 33 Ribu Dosis untuk Pelajar dan Masyarakat

"Kami memberikan perlindungan ke pekerja jika terjadi kecelakaan kerja, hari tua, kematian, pensiun, dan yang terbaru jaminan kehilangan pekerjaan," kata Naning.

Naning menegaskan pentingnya pekerja didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena risiko entah itu kecelakaan kerja atau kematian pasti ada dan BPJS Ketenagakerjaan akan menjaminnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPD RI Minta Sinkronisasi Data Peserta BPJS Kesehatan

Kamis, 24 November 2022 | 21:46 WIB
X