Jelang Imlek, Kelenteng Kong Ling Bio Bersihkan Rupang

- Kamis, 27 Januari 2022 | 22:25 WIB
Ritual membersihkan rupang atau patung dewa di Kelenteng Kong Ling Bio jelang Imlek
Ritual membersihkan rupang atau patung dewa di Kelenteng Kong Ling Bio jelang Imlek

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Belasan rupang atau patung dewa-dewi di Kelenteng Kong Ling Bio, Kabupaten Temanggung mulai dibersihkan, Rabu (26/01) kemarin.

Kimsin, tradisi umum dalam kelenteng tersebut, dan tiap-tiap kelenteng lain, yang dilakukan sepekan jelang perayaan Tahun baru Imlek 2573.

Sekretaris Tempat Ibadah Tri Dharma Cahaya Sakti (TITD) Kong Ling Bio, Lidya Samstya Graha, mengatakan,

ritual tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan menyambut perayaan Imlek. Supaya saat tiba waktu memanjatkan doa dan kegiatan lainnya semua sudah siap.

Baca Juga: Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022, Sambut Ganti Tahun dengan Tampilan Masa Kini

"Hari ini mengawali rangkaian kegiatan Tahun Baru Imlek dengan bersih-bersih tempat ibadah dan sekalian memandikan rupang.

Artinya kita memulai segala sesuatu dengan bersih, baru intinya begitu dan memulai tahun ini dengan doa," ujarnya ditemui di sela-sela membersihkan rupang di dewa di TITD Kong Ling Bio.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2022 Sedia Payung Sebelum Hujan, Shio Macan Harap Waspada, Ini Beberapa Masalah Muncul

Di Kelenteng Cahaya Sakti, rupang dewa yang dibersihkan meliputi Hok Tik Tjieng Sin (Dewa Bumi), Kwan Seng Tee (Dewa Perang),

Thiang Siang Tee (Dewa Pembasmi Ilmu Hitam), Kwam Im Poo Sat (Dewi Belas Kasih), Kwang Kong (Dewa Keadilan), dan Thian Sian Sing Bo (Dewa Penguasa Air).

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X