Penerapan ETLE Polda Jawa Tengah Jadi Percontohan, Dinilai Efektif dan Tertinggi di Indonesia

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:37 WIB
Petugas Ditlantas Polda Jateng sedang memantau CCTV lalu lintas. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Petugas Ditlantas Polda Jateng sedang memantau CCTV lalu lintas. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penerapan Electronik Law Enforcement (ETLE) di Polda Jawa Tengah mendapatkan nilai tertinggi.

Nilai tertinggi yang dicapai Ditlantas Polda Jateng itu rinciannya adalah dari bidang jumlah verifikasi terbanyak, jumlah pelanggaran terkonfirmasi terbanyak, denda dibayarkan tertinggi, dan pembayaran Briva tertinggi.

Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho mengatakan hasil maksimal ini dicapai berkat terobosan kreatif yang diciptakan anggota sehingga ETLE berjalan maksimal dan efektif.

Baca Juga: Razia Knalpot Brong Satlantas Polres Blora, 130 Sepeda Motor Terjaring

Lebih lanjut Dirlantas Polda Jateng mengatakan, maksimalnya penindakan lewat ETLE di Jawa Tengah menjadi percontohan beberapa Polda lain di Indonesia.

"Sudah ada koordinasi, beberapa Polda akan mempelajari penerapan ETLE yang dijalankan di Jateng melalui study banding. Diharapkan ETLE secara nasional dapat berjalan maksimal sesuai harapan dan Program Prioritas Kapolri," kata Dirlantas Polda Jateng, Minggu, 16 Januari 2022.

Kombes Pol Agus Suryonugroho memaparkan kunci keberhasilan dalam law inforcemen pelaksanaan ETLE adalah Integrated system.

Baca Juga: Bazaar Art ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga di Bulan Perdamaian Dunia

Yaitu ETLE berupa data screenshoot terintegrasi dengan data base ETLE Presisi Nasional serta terintegrasi pula dengan Jasa Pengiriman serta Verifikasi dan persetujuan pelanggar akan di sertai akun dari Briva untuk melakukan pembayaran.

"Dalam penerapan ETLE, setiap petugas menindak menggunakan sarana teknologi, jadi tidak bersentuhan langsung dengan pelanggar. Ini efektif untuk menghindari pungli di lapangan dan akuntabel," jelas Dirlantas.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X