Konstruksi Budaya Masyarakat Penopang Spiritual Bangun Masyarakat Harmonis

- Senin, 17 Januari 2022 | 13:00 WIB
Diskusi budaya antara komunitas Budaya dengan Sutanto Mendut. (suaramerdeka.com / dok panitia)
Diskusi budaya antara komunitas Budaya dengan Sutanto Mendut. (suaramerdeka.com / dok panitia)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Konstruksi budaya masyarakat merupakan penopang spiritual untuk membangun masyarakat yang harmonis.

kesadaran terhadap hal tersebut mendorong Komunitas Nunggak Semi, komunitas budaya desa untuk menempuh perjalanan budaya dengan berkunjung dan belajar dengan Sutanto Mendut.

Dia adalah budayawan Magelang, sekaligus pengagas Festival Lima Gunung, yang berhasil mengabdi kepada masyarakat desa, serta mampu meningkatkan kualitas kehidupan spiritual budaya desa di wilayah lima gunung, Merbabu Merapi, Andong, Menoreh, dan Sumbing.

Kegiatan Angon Rasa di Studio Mendut Magelang yang berlangsung Sabtu, 15 Januari 2022 ini turut mengundang Joko S Gombloh, Dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta sekaligus Pengamat Festival Budaya Nusantara, Dwi Priyo Sumarto, komposer muda Indonesia, dan Sularso, Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Baca Juga: Varian Omicron Terdeteksi Tidak Bergejala, Kemenkes Imbau Masyarakat Taat Prokes

Dalam diskusinya, Sutanto Mendut menjelaskan, dalam berkesenian, semua bisa memboceng ritus sosial yang ada di lima gunung.

"Jika itu sudah berjalan, maka bisa dikembangkan masuk ke seni dunia baru. Intinya, ajak satu kampung semuanya. Jangan omong ini berbakat ini tidak, ini religius ini tidak, pastikan semua aktif, jangan pilih-pilih dan jangan memberikan batas" ucapnya.

Adik Wibowo, Komunitas Nunggak Semi Sukoharjo menyampaikan jika kegiatan ini memiliki motivasi untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan pengembangan komunitas, membentuk dan meningkatkan jejaring komunitas.

Lebih lanjut, Suratman, Komunitas Nunggak Semi Boyolali menambahkan jika kegiatan ini adalah upaya untuk menjelajahi yang lama dan menyerap yang baru dari Pemikiran Mas Sutanto Mendut soal budaya desa.

Baca Juga: Heboh Video Syur Mirip Nagita Slavina, Roy Suryo: Ini Bukan Video Rekayasa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X