Bazaar Art ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga di Bulan Perdamaian Dunia

- Minggu, 16 Januari 2022 | 21:09 WIB
Bazaar Art ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga di Bulan Perdamaian Dunia. (suaramerdeka.com/dok)
Bazaar Art ala Pemuda Seni Desa Kartun Sidareja Purbalingga di Bulan Perdamaian Dunia. (suaramerdeka.com/dok)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Kehidupan berdampingan masyarakat yang sangat beragam dari suku, ras, budaya, bahasa, agama yang berbeda beda telah dialami Indonesia selama beratus-ratus tahun bahkan sebelum Indonesia Merdeka.

Kemajemukan ini lah sebenernya menjadi salah satu kekayaan bangsa yang perlu dijaga oleh para generasi Muda. Bagaimana nilai kebhinekaan tunggal ika ini tidak luntur dimakan jaman.

Peringatan perdamaian dunia pada bulan Januari menjadi suatu momentum indah dimana Kie Art Cartoon School melaunching Bazaar Art Cartoon Village Sidareja dalam balutan tema 'Indahnya Kebersamaan' yang tersaji menarik. Bazaar ini sendiri akan berlangsung selama tiga hari, 14- 16 Januari 2022.

Baca Juga: Chord Kunci Gitar Disiksa Riundu - Anji Manji, Lirik Lagu yang Digarap Saat Jalani Rehablitasi

Dalam launching pertamanya ini menampilkan pertunjukkan dan hasil karya seni dari beberapa kelompok Pemuda Seni Kie Art Cartoon School dari Desa Kartun Sidareja Purbalingga.

Slamet Santosa pegiat Kie Art Bazaar Art Cartoon Village Sidareja memaparkan ini akan menjadi wadah bagi Para Pemuda Seni dan Para Seniman.

Mereka berkolaborasi dalam menampikan karya-karya yang selama ini dikembangkan dan dilatih selama berada di desanya untuk dapat dinikmati oleh masyarakat luas selain dalam misi mengedukasi dan melestarikan budaya desanya (Desa Sidareja).

Baca Juga: Usai Jalani Karantina, Ashanty Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Netizen: Alhamdullah ya Allah...

Slamet Santosa menambahkan selain karya pertunjukan seperti seni Ebeg Sidareja, Seni Karawitan, Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang, juga menampilkan karya seni handmade seperti Lukisan, Sepatu Lukis, Tas Lukis, Lampu Lukis, kriya bamboo dan juga ada karya blangkon Sudirman.

Tentu saja dalam waktu kedepan akan dikembangkan dan lebih bervariasi dalam produk–produk hand made karya pemuda Seni.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X