Konservasi Lahan Kritis di Temanggung Capai 370.000 Bibit Pohon

- Minggu, 16 Januari 2022 | 15:27 WIB
Penanaman pohon oleh ormas muhammadiyah di lereng gunung Paru, Temanggung. (suaramerdeka.com/dok)
Penanaman pohon oleh ormas muhammadiyah di lereng gunung Paru, Temanggung. (suaramerdeka.com/dok)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Konservasi lahan dalam Program Sabuk Gunung di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hingga kini telah menanam sedikitnya 370.000 bibit pohon, kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono.

Entargo di Temanggung, Kamis kemain, mengatakan sejumlah bibit tersebut ditanam sejak awal Desember 2021 dan hingga sekarang terus berlangsung di kawasan lereng Gunung Sumbing, Sindoro dan Gunung Prau.

"Sejumlah wilayah yang kami targetkan sudah Lereng gunung Sindoro dan Prau sudah kurangnya di wilayah lereng gunung Sumbing karena yang paling luas dan membutuhkan banyak bibit pohon," katanya.

Baca Juga: Chord Kunci Gitar Disiksa Riundu - Anji Manji, Lirik Lagu yang Digarap Saat Jalani Rehablitasi

Ditargetkan pada akhir januari atau awal februari pihaknya bisa menanam sekitar 500.000 bibit dan hingga sekarang sedikitnya 370.000 bibit telah ditanam oleh para relawan.

Dalam gerakan konservasi ini, Pemkab Temanggung menganggarkan Rp2 miliar untuk pengadaan bibit yang dikelola oleh ormas NU dan Muhammadiyah.

"Karena kebutuhan bibit cukup banyak, kami juga menggandeng CSR perusahaan swasta maupun BUMN," kata Entargo.

Baca Juga: Tampil di Google Doodle Hari Ini, Ini Fakta Menarik Ibu Sandiah aka Ibu Kasur. Pernah Diabadikan dalam Prangko

Ia menyebutkan sejumlah bantuan bibit tersebut, antara lain dari PT KAI sebanyak 18.000 bibit, PT Pusri 18.000 bibit, Djarum Foundation 9.000 bibit, Jamkrida 9.000 bibit, Geodipa 1.000 bibit, dan BPDAS sebanyak 100.000 bibit.

"Di antara BUMN tersebut, telah berkomitmen untuk mendukung gerakan konservasi dengan menyediakan bibit selama tiga tahun," katanya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X