Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:46 WIB
Ilustrasi. Ini hal yang harus diperhatikan saat vaksinasi anak. (suaramerdeka.com/dok)
Ilustrasi. Ini hal yang harus diperhatikan saat vaksinasi anak. (suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Meski sekolah sudah terbiasa melakukan imunisasi rutin bagi anak didik, namun untuk vaksinasi anak ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro menjelaskan, hal yang utama perlu diperhatikan menyangkut penerapan protokol.

Bagi sasaran anak usia 6 hingga 11 tahun, harus dipastikan ada orang dewasa yang mendampingi dan sudah mendapat vaksin lengkap dua dosis.

"Kita harus mendukung pemberian vaksin di sekolah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menyangkut anak, orang tua, sekolah, dan paramedis," katanya, Sabtu, 8 Januari 2022.

Baca Juga: Diduga Lakukan Suap Demi Kabur Karantina, Rachel Vennya Akan Diperiksa Polisi Lebih Lanjut

Pelaksanaan vaksinasi di sekolah membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan daerah serta masyarakat. Kesepakatan mengenai jadwal imunisasi juga jadi bagian penting.

“Orang tua sudah bersedia belum membawa putra putrinya ke sekolah. Juga kerja sama dengan puskesmas setempat yang akan menyediakan sumber daya manusia dan logistik dari vaksin itu sendiri,” tutur Sri Rejeki.

Dokter spesialis anak konsultan dalam bidang infeksi dan penyakit tropis ini menambahkan, jika vaksinasi dilakukan di sekolah maka harus dipastikan para guru dan petugas telah lengkap imunisasinya.

Baca Juga: Jeon Jungkook, Member BTS Ungkap Tipikal Orang yang Menarik Perhatian

Selain itu terkait sarana penunjang menghadapi potensi munculnya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) semisal oksigen, tempat berbaring kalau pusing, peralatan dan obat untuk emergency.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Alumni Ploso akan Temu Kangen di MAJT

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:52 WIB

Kagama Jateng Bantu RTLH Kebumen

Senin, 23 Mei 2022 | 19:55 WIB
X