Kejahatan Jalanan di Jogja Sangat Serius, Ancam Ketenteraman Warga

- Kamis, 6 Januari 2022 | 09:24 WIB
Anggota DPRD DIY, Eko Suwanto mengungkapkan, aksi kejahatan jalanan di Yogyakarta sudah termasuk serius. (suaramerdeka.com / Agung PW)
Anggota DPRD DIY, Eko Suwanto mengungkapkan, aksi kejahatan jalanan di Yogyakarta sudah termasuk serius. (suaramerdeka.com / Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tindak kejahatan jalanan di Yogyakarta termasuk sangat serius karena aksi yang biasanya terjadi di malam hari tersebut sudah mengancam jiwa orang lain.

Karena itu, Pemerintah DIY harus bekerja keras menegakkan hukum, memberi rasa aman pada warganya atas tindak kejahatan jalanan.

Anggota DPRD DIY, Eko Suwanto mengungkapkan, aksi kekerasan sekaligus kejahatan jalanan yang dilakukan oknum anak-anak dan remaja di DIY harus ditangani secara serius.

Sudah banyak korban luka hingga meninggal akibat kejahatan jalanan dari pelaku di usia anak dan remaja tersebut.

Baca Juga: Rahasia Weton Kamis Pahing Berdasarkan Primbon Jawa, yang Jatuh pada 6 Januari 2022

"Tak boleh lagi ke depan peristiwa kekerasan jalanan berulang. Pemda harus menuntaskan penanganan kejahatan anak dan remaja. Selesaikan masalah-masalah seperti kemiskinan sebagai salah satu penyebabnya. Lakukan edukasi bagi orang tua dan anak-anak terutama usia sekolah agar mengerti budi pekerti dan tidak lagi terlibat kejahatan," tandas Eko yang juga Ketua Komisi A.

Ia menjelaskan pada tahun 2017 bersama Badan Kesbangpol melakukan riset kemudian pada tahun 2018 Komisi A DPRD DIY juga melakukannya terkait kekerasan jalanan.

Rekomendasinya, harus segera dilaksanakan yakni Tertib Pendidikan dalam Perda Ketertiban Umum DIY.

Eko mengajak para guru dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mengedukasi publik, terutama pada anak dan remaja di usia sekolah agar taat hukum.

Baca Juga: 2022, Sandiaga Uno Yakin Sektor Parekraf Berkontribusi Bangkitkan Ekonomi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X