DLH Blora Tangani Sampah Spesifik, Tempatkan 40 Drop Box di Perkantoran

- Rabu, 22 Desember 2021 | 07:45 WIB
Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora tengah distribusikan drop box sampah spesifik ke sejumlah perkantoran di Blora. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)
Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora tengah distribusikan drop box sampah spesifik ke sejumlah perkantoran di Blora. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mulai serius menangani sampah spesifik.

Puluhan drop box ditempatkan di sejumlah perkantoran Blora untuk menampung sampah yang biasanya mengandung bahan berbahaya atau beracun itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora, melalui Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Bayu Himawan menyatakan, sejak Senin 20 Desember, petugas dari DLH distribusikan drop box sampah spesifik di beberapa kantor.

"Total drop box yang akan kami distribusikan ke sejumlah perkantoran ada 40 buah. Tidak menutup kemungkinan ke depan penempatan drop box ke sejumlah tempat akan kami lakukan lagi," jelas Bayu.

Baca Juga: Motor Dinas Pakai Kawasaki Ninja, Alasan Kepala Satpol PP DIY Terkuak

Dikatakan, saat ini belum banyak masyarakat yang memahami tentang sampah spesifik dan bagaimana pengelolaannya. Sampah spesifik diatur dalam PP No. 27 tahun 2020.

"Pengelolaan sampah spesifik ini penting karena harus dikelola secara tersendiri karena biasanya mengandung bahan berbahaya dan beracun," terang Bayu

Sampah spesifik, lanjutnya, meliputi sampah yang mengandung bahan-bahan yang sulit diolah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun perkantoran.

Di antaranya berupa kaleng bekas semprotan nyamuk, lampu TL, baterai bekas, charger handphone, cartridge bekas dan sejumlah sampah jenis lainnya.

Baca Juga: Biang Kemacetan di Jalan Pandanaran, Mobil Diminta Parkir di Lahan yang Telah Disediakan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X