Lewat Simulasi dan Pelatihan, Jaksa di Kebumen Dilatih Padamkan Kebakaran

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 09:12 WIB
Seorang jaksa memadamkan api menggunakan APAR  saat pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran. (suaramerdeka.com / dok Kejari Kebumen)
Seorang jaksa memadamkan api menggunakan APAR saat pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran. (suaramerdeka.com / dok Kejari Kebumen)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Jika tidak ada upaya tepat mencegahnya, kebakaran merupakan salah satu ancaman berbahaya yang dapat mengakibatkan korban jiwa.

Guna mencegah kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkan, perlu tingkat pengetahuan tentang api yang memadai lewat pelatihan dan simulasi.

Menyadari hal itu, Kejaksaan Negeri Kebumen menggelar pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran, Jumat 10 Desember 2021.

Kegiatan pelatihan pemadaman kebakaran yang diikuti seluruh pegawai Kejari Kebumen termasuk pada jaksa itu bekerja sama dengan Seksi Damkar Satpol PP Kebumen.

Baca Juga: Konsumsi Rokok Saat Pandemi Cukup Tinggi, Meningkat Saat Kegiatan Masyarakat Dibatasi

Adapun materi pelatihan berupa pencegahan kebakaran, cara antisipasi kebocoran gas, penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan cara memadamkan kebakaran menggunakan karung goni basah.

Kepala Seksi Damkar Satpol PP Kebumen Teguh Sumarno dan para personel damkar lainnya memberikan mengetahuan mulai dari pengenalan api, penggunaan dan manfaat APAR, serta cara mematikan api yang tepat.

Termasuk praktik cara mengatasi saat terjadi kebocoran gas elpiji.

Menurutnya, memadamkan api ada dua cara, yakni pertama secara tradisional yaitu kain goni dimasukan ke dalam air yang bisa digunakan untuk melindungi diri maupun memadamkan api.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Perkedel dengan Cepat dan Mudah

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memanen Matahari, Memanen Padi

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:24 WIB
X