Cepu Raya Akan Dijadikan Kawasan Pusat Studi Migas Nasional

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:24 WIB
Bupati Blora,  H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, tengah berbincang-bincang dengan  Sekjen Kementerian ESDM RI, Dr. Ir. Ego Syahrial, M.Sc, di sela-sela acara  peresmian Laboratorium Pengolahan dan Produksi Air Minum milik PPSDM Migas. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)
Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, tengah berbincang-bincang dengan Sekjen Kementerian ESDM RI, Dr. Ir. Ego Syahrial, M.Sc, di sela-sela acara peresmian Laboratorium Pengolahan dan Produksi Air Minum milik PPSDM Migas. (suaramerdeka.com / Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Wilayah Cepu raya rencananya akan dijadikan kawasan pusat studi migas nasional.

Hal itu diungkapkan Bupati Blora Arief Rohman saat menerima kunjungan Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian ESDM RI, di PPSDM Migas Cepu, Blora, belum lama ini.

Menurut Arief, Cepu mempunyai banyak historis tentang pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia sehingga tepat jika ingin membangkitkan Cepu menjadi kawasan pusat studi migas nasional.

"Apalagi di sini potensi dan fasilitasnya lengkap, mulai sejarah pertambangan dari yang tradisional hingga modern ada, sekolah pendidikan migas, diklat permigasan, hingga industrinya ada di sini semua," katanya.

Baca Juga: Aktivitas Gunung Semeru, Ini 4 Rekomendasi dari PVMBG

Rencana tersebut juga sudah mendapat dukungan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, pihaknya pun siap merangkul seluruh stakeholder yang ada, termasuk Kementerian ESDM RI.

“Keberadaan bandara pun akan dirasakan manfaatnya bagi daerah, tidak hanya bagi Cepu, Blora, namun Cepu Raya, Cepu dan sekitarnya."

"Di samping belajar migas, juga banyak diaspora migas yang ingin nostalgia di sini. Seperti yang disampaikan Pak Mensesneg beberapa waktu lalu, konsep pembangunan kawasan Cepu Raya," ungkapnya.

Sekjen Kementerian ESDM RI Ego Syahrial, mengaku senang adanya gagasan tersebut. Menurutnya, keberadaan Cepu sangat vital bagi Kementerian ESDM.

Baca Juga: Harga Minyak Melonjak Lebih dari 3 Persen, Dampak dari Kekhawatiran pada Omicron

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X