Pewarta Foto Jogja Pamerkan Karya Pageblug, Kampanyekan Semangat Melawan Pandemi

- Senin, 6 Desember 2021 | 19:38 WIB
Poster pameran foto Pageblug karya PFI Yogyakarta (suaramerdeka.com/dok)
Poster pameran foto Pageblug karya PFI Yogyakarta (suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Puluhan fotografer yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) Yogyakarta menggelar pameran karya foto jurnalistik bertema Pageblug.

Ada 144 karya foto lepas maupun foto cerita yang disuguhkan dalam pameran selama tangga 6-18 Desember 2021 di Galeri Bentara Budaya Yogyakarta.

Karya tersebut merupakan hasil jepretan 24 pewarta foto dari berbagai media lokal, nasional, dan internasional.

"Pameran ini adalah salah satu upaya kontrol kepada pemerintah, sekaligus bentuk tanggung jawab kami atas penyampaian peristiwa apa adanya tanpa rekayasa," kata Ketua PFI Yogyakarta, Oka Hamied, Senin, 6 Desember 2021.

Foto yang ditampilkan hampir seluruhnya telah terbit di kantor media masing-masing. Melalui bidikan lensa kamera mereka, para jurnalis foto mengajak masyarakat lebih bersemangat menghadapi rutinitas kehidupan pada masa tatanan baru.

Pameran ini juga didedikasikan bagi semua tenaga kesehatan, Satgas Covid-19 kabupaten/kota, Tim Reaksi Cepat BPBD DIY, dan masyarakat yang berjibaku bersama melawan pandemi Covid-19.

"Semoga pageblug ini cepat usai agar bangsa kita bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala, dimana tidak ada pembatasan maupun pengetatan," ucapnya.

Ketua pameran, Rahman mengatakan, acara ini dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini sesuai dengan misi PFI melalui gelaran pameran, yakni mengkampanyekan semangat melawan pandemi salah satunya dengan penerapan prokes.

"Ada beragam cerita dibalik pengambilan foto yang kami pamerkan ini. Banyak kendala mulai dari tidak diizinkan meliput sampai kucing-kucingan, tapi itu tidak menyurutkan semangat rekan-rekan untuk mengabadikan momen bersejarah ini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X