Pendistribusian Gamelan di DIY, GKR Hemas Berharap Pesantren Jadi Prioritas

- Jumat, 3 Desember 2021 | 09:00 WIB
Serah terima perangkat gamelan dari GKR Hemas kepada pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, KH. Afif Muhammad. (suaramerdeka.com / dok panitia)
Serah terima perangkat gamelan dari GKR Hemas kepada pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, KH. Afif Muhammad. (suaramerdeka.com / dok panitia)

YOGYAKARTA, suaramereka.com - Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta menerima seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) D.I. Yogyakarta.

Seremoni serah terima Hibah Gamelan D.I. Yogyakarta tersebut diserahkan langsung GKR Hemas dan diterima KH. Afif Muhammad selaku Pengasuh Pondok Pesantren Krapyak dan Ketua Yayasan Ali Maksum Yogyakarta di halaman Pesantren Krapyak pada Kamis (02/12) pagi.

GKR Hemas yang juga Permaisuri dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX tersebut mengatakan bahwa permintaan gamelan sangat banyak dan sudah ada daftar tunggu yang panjang.

Tidak hanya dari Yogyakarta seperti sekolah, desa budaya, instansi-instansi, gamelan juga dikirim ke kedutaan di luar negeri seperti Rusia, Jepang, Finlandia, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Harga Minyak Menetap Lebih dari 1 Persen pada Akhir Perdagangan Usai Sesi Maju-Mundur

Bahkan di sana telah masuk dalam kurikulum perguruan tinggi.

“Meskipun antre, tetapi saya mendesak agar pondok pesantren jadi prioritas. Dan hari ini terwujud. Kami dapat menyerahkan seperangkat gamelan pelog slendro lengkap. Gamelan ini merupakan salah satu kekuatan budaya kita sehingga dapat memperkuat karakter bangsa. Kalau budayanya kuat, bangsa kita juga pasti kuat,” ujar GKR Hemas dalam sambutannya.

Lebih lanjut, GKR Hemas berharap agar nantinya tidak hanya santri putra yang belajar gamelan, santri putri juga perlu diberi pelatihan yang sama.

Hal ini dapat menambah nilai santri, tidak hanya memahami pelajaran agama, tetapi juga dapat melakukan praktik budaya.

Baca Juga: Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X