Bendungan Randugunting Mulai Diisi Air, Berdaya Tampung 14,42 Juta Meter Kubik

- Rabu, 1 Desember 2021 | 06:45 WIB
Bendungan Randugunting Blora mulai diisi air (Impouding), Senin 29 November 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Bendungan Randugunting Blora mulai diisi air (Impouding), Senin 29 November 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Bendungan Randugunting, di Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Blora mulai dilakukan ceremonial impounding atau penutupan bendungan untuk memulai pengisian air, awal pekan ini.

Bendungan Randugunting mempunyai daya tampung air mencapai 14,42 juta Meter Kubik air, di mana Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si memulai pengisian air di bendung yang merupakan proyek dari Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana itu.

Bupati Blora menyatakan, selain mengucapkan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan jajarannya, dirinya berharap pengisian air di Bendungan Randugunting berjalan lancar, sehigga pada Desember 2021 atau awal Januari 2022 nanti bisa diresmikan Kepala Negara.

Selain itu, Bupati Arief Rohman berharap, Gubernur Jawa Tengah melalui Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya bisa memperbaiki jalan provinsi ruas Ngawen-Japah-Todanan.

Baca Juga: Viral, Adik Vanessa Angel Tampilkan Cover Lagu Milik Seventeen ‘Kemarin’, Begini Liriknya

Tujuannya, agar saat peresmian nanti tamu-tamu dapat melintas dengan nyaman dan ekonomi masyarakat semakin mudah.

“Untuk masyarakat Kalinanas, Gaplokan dan sekitarnya, mari kita jaga kelestarian hutan di sekitar bendungan ini agar usianya bisa awet, kita cegah sedimentasi dengan menjaga kelestarian hutan di sekitar bendungan. Akan kita sinergikan dengan Perhutani,” tambah Bupati.

Menurut Kepala BBWS Pemali Juana, Muhammad Adek Rizaldi, S.T., M.Tech., untuk pengisian air di Bendungan Randugunting akan memerlukan waktu ideal hingga satu bulan.

“Pengisian mulai dilakukan antara 15 hari hingga 30 hari ke depan, hingga nantinya muka air permukaan mencapai kedalaman 70 Meter. Ini lebih cepat dari perkiraan desain awal kita dahulu."

Baca Juga: Kolaborasi Penting untuk Membuka Akses Pendidikan bagi Semua Anak Bangsa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X