Pertunjukan Seni Tari Meriahkan Puncak Hari Jadi Kabupaten Temanggung ke-187

- Senin, 22 November 2021 | 16:45 WIB
Perayaan seni tari Nirmala sebagai puncak acara HUT Temanggung 187. (suaramerdeka.com/Ricky Diswantoro)
Perayaan seni tari Nirmala sebagai puncak acara HUT Temanggung 187. (suaramerdeka.com/Ricky Diswantoro)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Sendratari Nirmala Ngruwat Ama, Ngrawat Budaya menjadi acara puncak perayaan hari jadi Kabupaten Temanggung ke 187 yang di gelar pada Minggu malam 21 November 2021.

Pertunjukan seni tari ini berjudul Ngruwat Ama yang bermakna menyingkirkan hama serta Ngrawat Budaya yang bermakna melestarikan budaya sekitar terkhusus kebudayaan daerah kedu.

Cerita tersebut berkisah tentang Dewi Sri atau Dewi Padi dimana masyarakat jawa mempercayai bahwa Dewi Sri adalah dewi kesuburan.

"Ada masyarakat menyebut mustikanig wuwuh atau dewi panen ada juga yang menyebut mustikaning pari atau dewi padi," jelas Gunawan Purwoko sebagai koreografer pertunjukan kali ini.

Baca Juga: Dihantam Gelombang 4 Covid-19, Austria Lockdown Total

Tari tersebut berkisah tentang Dewi Sri yang berasal dari Medang Tamtu dan mengajarkan masyarakat untuk bercocok tanam dan bertani.

Perjuangan Dwi Sri mengajarkan kehidupan berlanjut ke Alas Pagawaran dan bertemu adiknya dan membangun sebuah kerajaan bernama Medang Kamulyan dan menjadi kerajaan yang subur.

Diceritakan dalam tari tersebut, sebelum membangun kerajaan Dewi Sri dan adikinya yang bernama Raden Nurunan terlibat konflik dengan kakaknya Prabu Sengkan.

"Kakaknya tidak terima adiknya dianggap, bersekongkol diangap membuat kekuatan sendiri, dan terjadi pertempuran yang dimenangkan oleh Dewi Sri" katanya.

Baca Juga: Juarai World Superbike 2021, Ternyata Ini Rahasia Masa Kecil Toprak Razgatlioglu

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Ketua DPRD Jateng Mardijo Tutup Usia

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 10:12 WIB

Anggota Ikadin Diminta Jangan Nodai Kode Etik Advokat

Jumat, 30 September 2022 | 13:58 WIB

Muktamar Muhammadiyah Bangkitkan PAD Daerah

Rabu, 28 September 2022 | 06:10 WIB
X