Pemda DIY Dorong Semua Pekerja Dicover Jaminan Sosial

- Sabtu, 20 November 2021 | 20:30 WIB
BPJS Ketenagakerjaan. (suaramerdeka.com/dok)
BPJS Ketenagakerjaan. (suaramerdeka.com/dok)


SLEMAN, suaramerdeka.com - Pemda DIY bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek terus berupaya seluruh kalangan pekerja dapat tercakup jaminan sosial ketenagakerjaan.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan, semua pekerja semestinya menjadi peserta BPJamsostek. Namun saat ini dari seluruh pekerja produktif di DIY, baru sekitar 19 persen yang tercover.

"Artinya masih banyak yang harus diikutkan Saya kira ini menjadi PR kami supaya bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat, itu jauh lebih penting," kata Aji, kemarin.

Baca Juga: Begini Aksi Tidak Lazim Musisi Rock Manca dan Indonesia di Atas Panggung

Dia menyebut, komitmen Pemda DIY dalam hal perlindungan bagi tenaga kerja sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penetapan Peraturan Gubernur Nomer 99/2021 tentang Optimalisasi Kepesertaan dan Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Ditargetkan jumlah kepesertaan bisa naik dalam waktu dekat mengingat sekarang ini banyak pekerja yang rentan terhadap kecelakaan.

Selama periode 1 Januari hingga 31 Oktober 2021, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Utama Yogyakarta telah membayarkan 41.497 klaim manfaat program peserta senilai Rp 386,9 miliar.

Baca Juga: The Minions 'Dicurangi' Hawkeye Challenge

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah dan DIY Cahyaning Indriasari mengatakan di DIY masih banyak kantong pekerja yang akan menjadi target kepesertaan. Salah satunya adalah pekerja sektor pariwisata karena termasuk rentan, serta kalangan UMKM.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X