10.000 Pedagang di Sleman Jalani Vaksinasi Massal

- Rabu, 9 Juni 2021 | 18:45 WIB
Pedagang Pasar Sleman menjalani vaksinasi massal di GOR Pangukan, Rabu (9/6).(suaramerdeka.com/Amelia Hapsari)
Pedagang Pasar Sleman menjalani vaksinasi massal di GOR Pangukan, Rabu (9/6).(suaramerdeka.com/Amelia Hapsari)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Vaksinasi Covid-19 secara massal bagi pedagang pasar tradisional di Kabupaten Sleman mulai digelar, Rabu (9/6).

Ada sebanyak 900 pedagang dari Pasar Sleman 1 dan 2 yang mengikuti vaksinasi di GOR Pangukan.

Vaksinasi bagi pedagang dan komunitas pasar termasuk tukang parkir, penjaga MCK, dan buruh gendong akan dilangsungkan secara bertahap hingga 30 Juni 2021.

Pelaksanaannya dibagi menjadi 11 sesi dengan lokasi tersebar di 9 titik meliputi GOR Pangukan, Pasar Prambanan, balai Desa Madurejo, barak, kuliner belut Godean, Pasar Gamping, balai Desa Candibinangun, pasar buah Tempel, dan Taman Kuliner Condongcatur.

Baca Juga: Ruang ICU Rumah Sakit Hampir Penuh, Kepala Dinkes: Ini Alarm Untuk Kita Semua

"Pedagang antusias meskipun ada yang belum mau, jumlahnya hanya sedikit," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Mae Rusmi ditemui disela vaksinasi di GOR Pangukan, Rabu (9/6).

Pihaknya terus melakukan pendekatan kepada pedagang yang belum bersedia disuntik karena alasan takut maupun belum siap mendaftar. Upaya pendekatan personal ini dilakukan lewat paguyuban dan gugus tugas di masing-masing pasar.

"Vaksinasi ini diwajibkan bagi seluruh pedagang pasar kecuali karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan disuntik. Kalau belum divaksin, kami tidak akan mengeluarkan surat izin perpanjangan sewa," tegasnya.

Saat ini tercatat sekitar 10.000 pedagang dari 42 pasar yang mendaftar vaksinasi. Sedangkan jumlah pedagang mencapai 12.000 orang. Namun menurut Mae, ribuan pedagang yang belum terdaftar vaksin itu karena sifatnya mobile sehingga belum terlacar.

"Masih kami sisir. Vaksinasi untuk pedagang keliling akan dibahas di tahap berikutnya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Temanggung akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Pemalang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:11 WIB
X