Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 di Sleman Masih Rendah, BKAD: Belum Ada Juklak Tak Berani Mencairkan

- Selasa, 8 Juni 2021 | 14:32 WIB
Pasien Covid-19/Foto Istimewa
Pasien Covid-19/Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 133,76 miliar untuk penanganan Covid-19. Hingga akhir Mei lalu baru sekitar Rp 17,52 miliar anggaran yang terserap.

Kepala Bidang Anggaran Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Muhammad Aji Wibowo mengungkapkan, kendala yang dihadapi dalam penyerapan anggaran Covid-19 terutama karena belum adanya petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari pemerintah pusat terkait pembayaran insentif bagi tenaga kesehatan.

"Kalau belum ada juklak dan juknis, kami tidak berani mencairkan. Karena itu nanti berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban," katanya, Selasa (8/6).

Baca Juga: Kelancaran Transportasi Logistik Jadi Penopang Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Khusus untuk dukungan program vaksinasi, biaya yang disiapkan sejumlah Rp 36,1 miliar sesuai yang diwajibkan oleh pusat. Anggaran itu seluruhnya diperuntukkan insentif nakes di 26 puskesmas, dan 2 RSUD. Sementara untuk pengadaan vaksin, daerah tidak menganggarkan karena menjadi tanggungan pusat.

Selain vaksinasi, anggaran bidang kesehatan juga digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 secara umum. Semisal pembelian obat, APD, jasa relawan, maupun biaya pemakaman. Keseluruhan nilainya mencapai Rp 56,48 miliar, dan sejauh ini terserap Rp 8,5 miliar.

"Di samping untuk kesehatan, anggaran penanganan Covid-19 juga difokuskan ke program pemulihan ekonomi nasional dan bantuan sosial. Nominalnya masing-masing Rp 30,25 miliar dan Rp 10,56 miliar," papar Aji.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Dikabarkan Mulai Cari Klub Baru, Manchester United dan PSG Siaga

Sama halnya, realisasi pada dua bidang itu juga masih rendah. Untuk pemulihan ekonomi baru Rp 7,9 miliar yang terpakai. Adapun bantuan sosial berupa jatah hidup dan jaring pengaman sosial pasien opname, realisasinya masih di kisaran Rp 565 juta.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2.358 Peserta Tes Berebut 100 Kuota CPNS Pemkab Kebumen

Sabtu, 25 September 2021 | 15:51 WIB

Belasan Kelompok Tani di Sleman Dibantu Alsintan

Jumat, 24 September 2021 | 14:49 WIB
X