Lanjutkan Penataan Koridor Jalan Pasuma, Dinas PUPR Kebumen Anggarkan Rp 12 Miliar

- Kamis, 18 November 2021 | 19:00 WIB
Kondisi Jalan Pahlawan Kebumen menjadi lebar setelah median jalan dibongkar dan tiang listrik dipindahkan. (suaramerdeka.com/Supriyanto)
Kondisi Jalan Pahlawan Kebumen menjadi lebar setelah median jalan dibongkar dan tiang listrik dipindahkan. (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Penataan Koridor Jalan Pahlawan, Sutoyo dan Jalan Kusuma (Pasuma) Kebumen terus berlanjut.

Pembongkaran median jalan dan pemindahan tiang PLN yang berada di median jalan Pahlawan, Sutoyo dan Veteran sepanjang 1,5 km sudah hampir selesai.

Pembongkaran median jalan tersebut, Dinas PUPR berkoordinasi dengan Dinas Perkim LH terkait pemotongan pohon ayoman jalan, PLN dan Dinas Perhubungan terkait dengan pembongkaran dan pemasangan kembali LPJU.

Untuk melaksanakan pekerjaan itu, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kebumen menelan anggaran sebesar Rp 1,223 miliar yang dianggarkan oada APBD perubahan 2021.

Baca Juga: Moeldoko Janjikan Kemudahan Subsidi Pertanian, Dorong Gapoktan Terdaftar di Simluhtan

Kepala Dinas PUPR Kebumen Haryono Wahyudi ST MT menyampaikan bahwa tahun anggaran 2022, pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 12 miliar.

Dana sebesar itu untuk penanganan drainase air hujan di seputar Tugu Lawet dan pembuatan trotoar, jalur pedestrian dan kelengkapannya di Jalan Pahlawan.

"Prinsipnya kita akan menangani banjir di kawasan Alun-alun dan Tugu Lawet. Di atas drainase itu dijadikan jalur pedestrian. Sehingga wajah Kebumen berubah," ujar Haryono Wahyudi ST MT usai konferensi pers di Dinas Kominfo Kebumen, kemarin.

Baca Juga: Ayah Bibi Ardiansyah Resmi Jadi Wali Gala Sky, Anak Vanessa Angel

Setelah median jalan di bongkar, saat ini lebar Jalan Pahlawan menjadi 16 meter. Nantinya lebar jalan untuk lalu lintas biasa menjadi 8,2 meter dengan 2x3,5 meter lajur lalu lintas dan 1,2 meter untuk jalur sepeda.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X