Temanggung kembangkan Food Estate untuk kesejahteraan Petani

- Kamis, 18 November 2021 | 16:59 WIB
Menteri Syahrul Yasin Limpo tinjau food estate di Bansari yang saat ini ditanami bawang merah. (suaramerdeka.com/dok)
Menteri Syahrul Yasin Limpo tinjau food estate di Bansari yang saat ini ditanami bawang merah. (suaramerdeka.com/dok)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau food estate di Desa Bansari kecamatan Bansari pada Kamis 18 November 2021.

Penianjauan tersebut tak lain guna memantau progres keberadaan food estate atau lumbung pangan di Temanggung seluas 339 hektare, di 5 kecamatan.

Selain kecamatan Bansari lumbung pangan juga akan dibangun di kecamatan Kledung, Parakan, Bulu dan Ngadirjo yang sudah diikuti 32 kelompok tani dengan total jumlah petani sebanyak 1.120.

Komoditas utama yang menjadi unggulan food estate di Kabupaten Temanggung yaitu bawang merah, bawang purih, cabai, kentang konsumsi dan kentang industri.

Baca Juga: Milad ke-109 Muhammadiyah, Airlangga: Kiprahnya Sudah Dirasakan Bangsa dan Negara

Mentan menyampaikan keberadaan food estate di Temanggung ini dikembangkan bukan hanya untuk meningkatkan jumlah produk pertanian saja, melainkan kehidupan petani dapat meningkat secara ekonomi.

"Apa yang kita buat ini agar rakyat terutama petani kita bisa meningkat kehidupannya dan kesejahteraannya bahkan aktivitas kehidupannya dapat dijamin melalui ini," jelas Menteri.

Selain membangun sistem ekonomi untuk petani, ia menyebutkan food estate juga mempertemukan petani dengan pembeli yang sudah pasti.

"Kalau jalan sendiri-sendiri nanti cos produksi/ biyaya produksi akan lebih banyak, dari perencanaan, penanaman/produksi hingga penjualan disini sudah melalui perhitungan," katanya.

Baca Juga: Duo Brazil Bawa PSIS Unggul Atas Persikabo 2-0 di Babak Pertama

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X