Produksi Sampah Masih Tinggi, Duta Bank Sampah Kota Magelang: Perlu Tingkatkan Kesadaran Warga

- Kamis, 18 November 2021 | 14:30 WIB
Duta Bank Sampah Kota Magelang, Niken Ichtiaty Nur Aziz menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bank sampah se-Kota Magelang di Pendopo Pengabdian. (suaramerdeka.com/dok)
Duta Bank Sampah Kota Magelang, Niken Ichtiaty Nur Aziz menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba bank sampah se-Kota Magelang di Pendopo Pengabdian. (suaramerdeka.com/dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Kota Magelang dengan luas sekitar 18,53 kilometer persegi masih menyimpan persoalan utama berupa sampah.

Produksi sampah di Kota Tidar dinilai masih cukup tinggi, mencapai 60-70 ton per hari, dengan jumlah penduduk yang kurang dari 130.000 jiwa.

Sebagai Duta Bank Sampah Kota Magelang, Niken Ichtiaty Nur Aziz pun mengakui kenyataan itu. Maka, ia menilai perlu ada upaya serius untuk mengurangi produksi sampah.

Upaya reduksi sampah juga membutuhkan strategi komperhensif antara lain pemilahan, pengolahan, dan pengelolaan sampah.

Baca Juga: 937 Kartunis dari 59 Negara Suarakan HAM

"Seharusnya, sampah yang dibuang ke Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPSA) Kota Magelang itu benar-benar sampah yang memang tidak ada nilainya dan sudah tidak bisa diolah lagi," ujarnya, kemarin.

"Sehingga, produksi sampah di Kota Magelang bisa tereduksi," imbuhnya usai menyerahkan hadiah lomba bank sampah se-Kota Magelang di Pendopo Pengabdian.

Dia menuturkan, strategi lain yang tidak kalah penting adalah meningkatkan kesadaran warga. Pengolaan sampah dengan baik harus menjadi budaya semua kalangan dan usia.

"Harapan kami tentunya tidak hanya warga dewasa yang terlibat dalam pengurangan sampah, tapi mulai anak-anak usia dini sudah dibangun maindset untuk mengelola sampah dengan baik," kata istri Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz itu.

Baca Juga: Seorang Warga Sumedang Hilang Misterius, Sempat Mengirim Pesan Suara ke Istrinya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
X