Khawatir Lonjakan Covid-19 Tak Hanya di Kudus, Ganjar Minta Pemda Gencarkan Tes Covid-19

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 20:40 WIB
BERTEMU: Staf Khusus (Stafsus) Presiden Angkie Yudistia melakukan pertemuan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Kantor Gubernur. (Tim Stafsus Presiden Angkie Yudistia)
BERTEMU: Staf Khusus (Stafsus) Presiden Angkie Yudistia melakukan pertemuan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Kantor Gubernur. (Tim Stafsus Presiden Angkie Yudistia)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau pada seluruh Pemda di wilayahnya untuk meningkatkan tes Covid-19. Hal ini, menyusul ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Ganjar meminta agar Pemda tidak takut dengan hasil tes tersebut, melainkan sebagai upaya preventif. Ia khawatir lonjakan kasus Covid-19 usai lebaran tidak hanya trjadi di Kudus saja, namun juga di derah lain.

Lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah selain Kudus tidak terlihat karena memang belum dilakukan tes secara massal.

"Saya minta untuk dilakukan testing dan tracing lebih banyak. Ini tidak hanya untuk Kudus, berlaku untuk seluruh Jawa Tengah agar kita siaga. Tingkatkan testing, sekali lagi, tingkatkan testing,” kata Ganjar Pranowo, Sabtu 5 Juni 2021, seperti dikutip suaramerdeka.com dari semarangku.pikiran-rakyat.com.

Baca Juga: Longsor Terjang Dua Desa di Cianjur, 214 Warga Terpaksa Mengungsi

Para bupati dan wali kota di Jawa Tengah juga diminta tidak takut jika hasil tes masal nantinya berdampak pada meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di dareahnya.

Karena semakin cepat dilakukan, kata Ganjar, semakin cepat pula mengetahui kondisi Covid-19 di daerah itu.

“Dengan makin banyak testing, makin banyak tracing, harapan kita, kita tau persis kondisi di daerah kita. Itu yang kita coba lakukan,” beber Ganjar Pranowo.

Politisi PDIP ini menegaskan, dengan ditingkatkannya testing dan tracing maka lebih mudah menemukan transmisi Covid-19 dan bisa segera dicegah sebelum menyebar.

“Kalau testingnya bisa meningkat, tracingnya bisa meningkat kita akan tau darimana ini berada, darimana ini berasal,” katanya.

Baca Juga: Update Covid-19 5 Juni: Tambah 6.594, Kasus Baru Positif Corona di RI 1.850.206

Terlepas dari itu, Ganjar Pranowo memohon bantuan dari masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Terutama menggunakan masker dan tidak berkerumun.

Terkait dengan ledakan kasus Covid-19 di Kudus, Ganjar Pranowo mengaku telah memperhatikan ramainya cerita soal pemulasaraan jenazah yang disebut-sebut antre panjang akibat kurangnya tenaga.

“Terima kasih juga dari Muhammadiyah membantu, dari NU membantu, dari ormas membantu. TNI Polri membantu, sehingga timnya kita tambahi SDM,” tandas Ganjar Pranowo

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X