Pemprov Jateng Kirim Tenaga Kesehatan dan Obat-obatan ke Kudus

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 12:54 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (pikiran rakyat) (Cun Cahya)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (pikiran rakyat) (Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai mengirimkan tenaga kesehatan dan obat-obatan, untuk penanganan penularan Covid-19 di Kudus.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bantuan tenaga kesehatan dari rumah sakit provinsi, mulai mengalir ke Kudus.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), persatuan perawat, dan sekolah keperawatan, untuk membantu menutup kekurangan dokter maupun juru rawat.

Baca Juga: Kapolda Jateng Resmikan Penyediaan 1.000 Rumah bagi PNPP

Kudus sudah mulai bagus dan terkonsolidasikan. Tenaga medis sudah mulai dikirim. Asessment yang kita lakukan terhadap kebutuhan tenaga kesehatan, dokter paru usulan tiga (orang), kita kasih lima (orang) dari RSUD Moewardi, sudah terkirim. Dokter penyakit dalam usulannya 10 (orang), kita baru bisa penuhi lima (orang) dan sudah terkirim. Lalu ada dokter umum, usulan 20 (orang) kita penuhi 38 (orang), ini kerja sama dengan IDI Jateng dan sudah delivered,” kata Ganjar, di Semarang, Jumat 4 Juni 2021.

Ganjar menjelaskan beberapa tenaga kesehatan dalam proses pemenuhan. Seperti perawat, dari kebutuhan 198 orang baru terkirim 48 orang dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Sisanya 150 orang, dalam proses penyiapan dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), politeknik kesehatan, dan sekolah tinggi ilmu kesehatan.

Baca Juga: Vaksinasi Disabilitas Surakarta Akan Dipercepat, Gibran: Masih Kami Cicil

“Lalu ada obat-obatan, hampir semua obat-obatan sudah kita kirimkan. Alat pelindung diri (APD) sudah terkirimkan. Jadi kalau kita lihat dukungan untuk rumah sakit, insyaallah bisa. Sementara untuk apoteker yang butuh tiga (orang), analis kesehatan butuh 11 (orang) dan tenaga gizi butuh delapan orang, masih dalam proses,” paparnya.

Selain itu Ganjar juga menekan adanya perbaikan manajemen perawatan dan kamar rawat rumah sakit.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X