Demam Gowes, Penggiat Sepeda Minta Pemkot Tegal Segera Sediakan Jalur Khusus Sepeda

Red
- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:39 WIB

TEGAL, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota Tegal didorong untuk segera menyediakan jalur khusus untuk sepeda. Hal ini mengingat pegiat sepeda di Kota Tegal semakin banyak.

Ketua Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kota Tegal, Sutari, menyampaikan bahwa adanya jalur sepeda khusus akan menjadikan lalu lintas semakin tertib. Sekaligus nantinya akan memisahkan antara pengguna kendaraan bermotor dan sepeda.

“Kami mendorong Pemda, dalam hal ini Pemerintah Kota Tegal agar bisa menyediakan jalur khusus sepeda. Mengingat saat ini pegiat sepeda sudah semakin banyak di Kota Bahari,” ujar Sutari, sesaat setelah menggelar gowes malam, memperingati Hari Sepeda Sedunia, Kamis malam, 3 Juni 2021.

Baca Juga: Blora Luncurkan Portal Satu Data, Embrio Command Center bagi OPD

Menurut Sutari, adanya jalur khusus sepeda dinilai akan mengurangi angka kecelakaan pada pengguna sepeda. Termasuk nantinya akan menjaga keseimbangan antara penambahan jumlah kendaraan bermotor dan sepeda dalam memberikan hak-hak yang sama sebagai pengguna jalan.

“Ihwal kegiatan gowes ini, kami mendapat instruksi dari pengurus pusat agar di setiap daerah berpartisipasi dalam rangka Hari Sepeda Sedunia, bahwa dengan sepeda merupakan solusi atasi polusi,” ujarnya seperti dikutip suaramerdeka.com dari laman suaramerdeka-pantura.com, Jum'at.

Sutari berharap, penggiat sepeda di Kota Tegal terus menggalakan budaya bersepeda dan tetap mematuhi rambu lalu lintas, sehingga tercipta saling menghargai hak-hak sesama pengguna jalan.

Selain sepeda onthel, perwakilan dari komunitas-komunitas sepeda, Fixie, MTN, Minion Bike juga Road Bike ikut serta dalam kegiatan gowes tersebut.

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemprov Jateng Siapkan Vaksin Ketiga bagi Nakes

Selasa, 3 Agustus 2021 | 13:32 WIB

Stok Obat Terapi Covid-19 di Yogyakarta Minim

Senin, 2 Agustus 2021 | 14:04 WIB
X