Blora Luncurkan Portal Satu Data, Embrio Command Center bagi OPD

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:15 WIB
Bupati Blora H Arief Rohman meluncurkan portal satu data Blora di ruang pertemuan kantor Pemkab, Jumat 4-6-2021. (SM/Abdul Muiz) (Abdul Muiz)
Bupati Blora H Arief Rohman meluncurkan portal satu data Blora di ruang pertemuan kantor Pemkab, Jumat 4-6-2021. (SM/Abdul Muiz) (Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Portal satu data Kabupaten Blora diluncurkan Jumat 4-6-2021. Portal tersebut menjadi embrio command center atau pusat bagi organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat yang ingin mengakses data yang dikategorikan sebagai data publik.

Peluncuran portal satu data Blora dilakukan Bupati H Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati di ruang pertemuan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora. Portal satu data disiapkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) bekerjasama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Kepala Dinkominfo Blora Sugiyono dalam laporannya mengemukakan, portal satu data Blora adalah sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

Baca Juga: Haji Ditiadakan, Jangan Risau, Ini Beberapa Ibadah yang Pahalanya Setara

Inisiatif tersebut sebagai salah satu program 99 hari kerja Bupati Arief Rohman dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati.

‘’Satu data ini dalam rangka mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan daerah, secara terintegrasi,’’ ujar Sugiyono.

Menurutnya, satu data juga untuk mendorong keterbukaan dan transparansi data. Sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. ‘’Semua data pemerintahan, kondisi sosial, ekonomi, budaya hingga statistik kependudukan dan lain sebagainya tersaji semua dalam portal ini,’’ tegasnya.

Baca Juga: Wali Kota Semarang Terkejut Jam Kerja Kelurahan Bambankerep Masih Kosong

Agar data yang berada di portal itu up to date, menurut Sugiyono, pembaharuan datanya pun bisa dilakukan secara berkala. ‘’Jadi tidak hanya data dinamis, namun juga data statis. Portalnya bisa diakses melalui laman http://data.blorakab.go.id/,’’ jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Komang Gede Irawadi menyatakan, adanya portal satu data Blora diharapkan bisa menjadi embrio pendirian Command Center. Menurut Sekda, Blora memang butuh ketepatan data yang terintegrasi dengan seluruh OPD agar bupati dalam menentukan kebijakan bisa tepat sasaran.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X