Dianpinru Penggalang Dibuka di Kwarcab Kudus, Mawar: untuk Bentuk Pemimpin Cakap

- Rabu, 17 November 2021 | 09:24 WIB
Upacara pembukaan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus, di SMP Negeri 1 Dawe. (suaramerdeka.com / dok)
Upacara pembukaan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus, di SMP Negeri 1 Dawe. (suaramerdeka.com / dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah melaksanakan upacara pembukaan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang di Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus, di SMP Negeri 1 Dawe, Senin, 15 November 2021.

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan lima hari, 15-19 November 2021 ini digelar dalam rangka Fasilitasi Kepramukaan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah Tahun 2021, melibatkan 120 peserta dari 9 kwartir ranting.

Kepala SMP Negeri 1 Dawe, Kudus, Endang Siwi Ekoati, mengatakan pihaknya memfasilitasi tempat dan mendukung kegiatan dengan menyediakan sarana dan prasarana.

“Kami memiliki lapangan bola dan aula yang cukup untuk menampung 120 peserta. Kami berharap SMP Negeri 1 Dawe menjadi tuan rumah yang baik,” kata Endang.

Baca Juga: Magang di SmartPoint Usai, SMKN Pringsurat Siap Aplikasikan Materi ke Siswa

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Kudus, Mawar Hartopo, menjelaskan, yang dibutuhkan dalam kegiatan itu adalah kesiapan.  

SMP Negeri 1 Dawe siap dalam segala hal, termasuk sarana dan prasarana.

“Kami memilih SMP 1 Dawe karena representatif. Suasana di SMP 1 Dawe tenang, jauh dari keramaian. Pelaksanaan kegiatan ini membutuhkan konsentrasi sehingga pemilihan sekolah ini tepat karena tenang, tidak bising dengan suara-suara,” ujarnya.

Baca Juga: Permasalahan Fintech Ilegal: Moratorium Tidak Menyelesaikan, Perlu Literasi

Mawar mengatakan, tujuan penyelenggaraan Dianpinru adalah membentuk pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang baik dan cakap, serta mendorong para pembina Pramuka dan pembantu pembina menerapkan sistem among dan sistem beregu sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X