Maknai Pandemi Covid-19 sebagai Kebangkitan Seni

- Rabu, 2 Juni 2021 | 18:05 WIB
Foto: Rektor ISI Yogyakarta Prof Agus Burhan / ist
Foto: Rektor ISI Yogyakarta Prof Agus Burhan / ist

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sejak terjadi pandemi Covid-19 dalam skala nasional dan global, perubahan pada dunia seni, pendidikan, bisnis, ataupun berbagai sistem lainnya menjadi timpang. Dunia seni dalam aktivitas fisik menjadi terbatas dan sunyi.

''Kendati demikian, semua tentu mencari jalan agar dapat bertahan dan maknai pandemi ini sebagai kebangkitan seni agar para seniman bisa beraktivitas dan berproduksi di tengah situasi sulit,'' tandas Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Prof Dr M Agus Burhan MHum pada puncak Dies Natalis ke-37.

Ia memaparkan hal itu menjadi tema besar dies natalis, ''Kebangkitan Seni di Era New Normal''. Tema diangkat sebagai respons dan kebijakan atas kondisi pandemi Covid-19 sebagai masalah aktual nasional dan global.

Baca Juga: Martin Garrix Gandeng U2 Duo Bono and The Edge Nyanyikan Soundtrack Euro 2020

Menurutnya dari fenomena tersebut ada hikmah terhubung secara tidak langsung dengan kebijakan sebelumnya, yaitu seruan prioritas dan penyiapan peningkatan SDM unggul.

Bahkan, tema juga sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ''Merdeka Belajar, Kampus Merdeka'' yang memfokuskan pada SDM bercirikan pekerja keras, dinamis,

trampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Merekalah yang kelak dapat bekerja sama dengan talenta-talenta dunia dan industri.

Agus Burhan menjelaskan disrupsi teknologi informasi dan digitalisasi telah mengubah secara fundamental tatanan kehidupan.

Baca Juga: Mensos Risma Targetkan Pemulihan NTT Usai Terdampak Siklon Seroja Mulai Juni

Implementasinya terlihat lewat interaksi sosial dan komunikasi, transaksi ekonomi, model produksi, wacana kebudayaan, produksi pengetahuan, dan juga pada paradigma seni yang baru.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Jateng Optimistis: Siapkan Upaya Konkret Hadapi Resesi

Selasa, 6 Desember 2022 | 05:20 WIB
X