Awal Kemarau, Potensi Hujan Masih Ada

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 12:12 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Sebagian wilayah DIY beberapa hari terakhir diguyur hujan meski telah memasuki musim kemarau. Kondisi ini  normal mengingat musim kemarau baru menjelang fase awal.

"Karena kemarau baru masuk awal musim, maka normal jika hujan masih berpotensi muncul," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Sleman Etik Setyaningrum kepada Suara Merdeka, Sabtu (29/5).

Hujan yang terjadi di awal kemarau ini hanya kategori ringan hingga maksimal sedang. Kejadian hujan pun tidak merata serta berlangsung dalam periode singkat. Umumnya, hujan terjadi di wilayah bagian utara hingga tengah DIY.

Potensi hujan masih akan muncul dalam beberapa hari ke depan mengingat kelembaban udara di sekitar wilayah DIY masih cukup tinggi. Hasil pengamatan kelembaban udara maksimal harian masih mencapai 93 persen.

Peluang hujan juga didukung adanya pola angin pada bagian atas atmosfer DIY yang membentuk belokan. Kondisi ini turut berkontribusi terhadap pertumbuhan awan. Namun begitu, akumulasi hujan diprediksi hanya dibawah 50 mm per dasarian.

"Secara umum, iklim di sebagian besar wilayah DIY menjelang akhir bulan Mei ini sudah memasuki awal musim kemarau. Hasil monitoring menunjukkan sejak awal Mei, rata-rata curah hujan sudah dibawah 50 mm per dasarian," terang Etik 

Sebagai informasi, suatu daerah dikatakan memasuki masuk musim kemarau apabila curah hujan dalam periode satu dasarian berada dibawah 50 mm diikuti beberapa dasarian berikutnya secara konsisten. Sehingga diprediksi pada akhir Mei ini, seluruh wilayah DIY sudah masuk awal musim kemarau. 

Hal ini didukung dengan dinamika atmosfer seperti pola angin yang berasal dari timuran yakni monsoon Australia. Di bulan Juni mendatang, kondisi musim kemarau akan tetap berlanjut bahkan trennya meningkat  hingga beberapa bulan ke depan. 

Puncak musim kemarau diprediksi akan terjadi di bulan Juli-Agustus 2021. 

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

HUT Ke-76, PMI Sleman Siapkan Berbagai Inovasi

Sabtu, 18 September 2021 | 06:45 WIB

BPBD Kaji Risiko Kebencanaan Jelang Musim Penghujan

Jumat, 17 September 2021 | 16:28 WIB
X