Hari Pahlawan, Masyarakat Diajak Teladani KH Hasyim Asy'ari dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX

- Sabtu, 13 November 2021 | 09:36 WIB
Gus Hilmy acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI sekaligus Peringatan Hari Pahlawan Nasional. (suaramerdeka.com / dok)
Gus Hilmy acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI sekaligus Peringatan Hari Pahlawan Nasional. (suaramerdeka.com / dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Anggota DPD RI dan MPR RI Dr. H. Hilmy Muhammad, M.A. atau Gus Hilmy mengajak meneladani sosok K.H. Hasyim Asy’ari dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Hal itu diungkapkan Gus Hilmy acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI sekaligus Peringatan Hari Pahlawan Nasional dengan tema “Mencintai Tanah Air, Meneladani Pahlawan Bangsa” di Kompleks Nurussalam Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, Jumat 12 November 2021.

Kedua tokoh itu, menurut Gus Hilmy, menunjukkan bahwa perjuangan tidak selalu berkait erat dengan pertempuran dan unjuk senjata.

Seperti yang berlaku pada KH Hasyim Asy’ari yang berjuang di ranah agama, Sri Sultan Hamengku Buwono IX di arena perundingan, strategi politik dan negosiasi.

Baca Juga: Suporter PSM Datangi DPR Terkait Stadion Andi Mattalatta, Ini Respon Yoyok Sukawi

“Keduanya dalam konteks yang berbeda, berjuang melawan penjajah dari bilik-bilik yang berbeda. Hadratusy Syaikh seorang Kiai, dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah seorang Raja. Dalam peran masing-masing, keduanya merupakan tokoh yang patut untuk kita teladani,” kata Gus Hilmy

Sebelum pertempuran 10 November pecah, Hadratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari menyerukan untuk berjihad melawan penjajah melalui Resolusi Jihad.

Pertempuran dengan semangat tentara rakyat yang membara ini kemudian menginspirasi pertempuran-pertempuran lain di berbagai daerah.

"Di antaranya adalah di Yogyakarta dengan Serangan Umum 1 Maret, yang salah satunya disokong oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX," kata Gus Hilmy.

Baca Juga: Permendikbudristek 30 Tahun 2021, Respon Positif Sikapi Kekerasan Seksual di Kampus

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peduli Lingkungan, Raih Penghargaan SDGs Awards

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:51 WIB
X