Warga Lingkungan Kebun Tembakau di Pemalang Dilatih Keterampilan Kerja,

- Minggu, 7 November 2021 | 17:15 WIB
Warga lingkungan kebun tembakau terima peralatan kerja saat pelatihan las pabrikan. (suaramerdeka.com/dok)
Warga lingkungan kebun tembakau terima peralatan kerja saat pelatihan las pabrikan. (suaramerdeka.com/dok)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Warga di lingkungan kebun tembakau di Kabupaten Pemalang menerima pelatihan keterampilan kerja.

Pelatihan keterampilan untuk para pemuda itu dilakukan dengan dibiayai oleh dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Keterampilan kerja yang diberikan adalah las pabrikasi dan barista. Kepala Bagian Perekonomian Setda, Fera Joko Santoso melalui Kasubag Perekonomian Rizki Yuliawan mengatakan pelatihan dengan dana DBHCHT untuk keterampilan las pabrikan dilaksanakan di Desa Karangsari sedangkan pelatihan Barista di Desa Nyalembeng, Kecamatan Pulosari.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Dhuha dan Sholat Malam, Ini Penjelasan Habib Muhammad Alhabsyi

"Pelatihan dilaksanakan dengan menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja,"kata Yuli belum lama ini.

Melalui pelatihan ini diharapkan para pemuda di Desa Karangsari dan Nyalembeng bisa mendapatkan pekerjaan dengan bekal keterampilan yang sudah dimiliki itu.

Mereka juga bisa membuka sendiri bengkel atau kedai kopi. Para pemuda ini setelah menjalani pelatihan akan mendapatkan peralatan kerja.

Baca Juga: Guns N Roses (1), Awalnya Gabungan Dua Grup Band

Dikatakan lebih lanjut Kabupaten Pemalang mendapatkan dana DBHCHT lantaran merupakan daerah penghasil tembakau. Sementara ini tembakau ditanam di Kecamatan Belik dan Pulosari.

DBHCHT tersebut sesuai peraturan Menteri Keuangan dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas tanaman tembakau, peningkatan keterampilan berbasis masyarakat di lingkungan kebun tembakau.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X