Blora Butuh Rp 2,1 Triliun untuk Bangun Jalan Rusak, Pemkab Rencanakan Utang Bank

- Sabtu, 6 November 2021 | 08:12 WIB
Bupati Blora H Arief Rohman meninjau pengerjaan proyek pembangunan ruas jalan Kamolan - Banjarejo, belum lama ini. Blora butuh Rp 2,1 Triliun untuk membangun jalan yang rusak. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)
Bupati Blora H Arief Rohman meninjau pengerjaan proyek pembangunan ruas jalan Kamolan - Banjarejo, belum lama ini. Blora butuh Rp 2,1 Triliun untuk membangun jalan yang rusak. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)

BLORA, suaramerdeka.com - Kebutuhan dana riil untuk membangun infrastruktur jalan rusak di Blora mencapai Rp 2,1 Triliun.

Pemkab Blora telah mengupayakan untuk mewujudkan pembangunan jalan itu dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan uutang ke perbankan.

Dijelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT, panjang jalan di Blora yang dalam kondisi rusak mencapai 430 Km, dan butuh dana Rp 2,1 triliun untuk membangunnya.

"Panjang jalan di Blora yang rusak ada 430 Km, untuk membangunnya, kalau rata-rata per km membutuhkan dana Rp 5 miliar, sehingga dibutuhkan dana sekitar Rp 2,1 triliun," jelas Samgautama, Jumat 5 November 2021.

Baca Juga: AMH 2021, Kominfo Beri Penghargaan bagi Humas Terbaik Tanah Air

Dengan kondisi jalan yang rusak itu, Bupati Blora, H.Arief Rohman Msi menandaskan, untuk mempercepat pembangunannya alternatif akhir adalah dengan mengajukan hutang daerah sebesar Rp 250 miliar.

Dikatakan, untuk merealisasikan tingginya ekspektasi masyarakat yang menginginkan perbaikan infrastruktur jalan, pihaknya telah mengajukan surat permohonan persetujuan kepada Ketua DPRD Blora.

Surat tertanggal 19 Oktober 2021, terkait rencana melakukan pinjaman daerah sebesar Rp. 250 miliar kepada Lembaga Keuangan Bank.

"Dikarenakan anggaran kita memang tidak mencukupi untuk tahun 2022 nanti dalam konteks segera mewujudkan keinginan masyarakat dalam hal pembangunan infrastruktur jalan," ungkap Bupati, Jumat 5 November 2021.

Baca Juga: Pelaku Curanmor Dikejar dan Ditangkap Korbannya di Depan Kampus Unimugo, Begini Kronologinya

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kukrit Ditunjuk Jadi Ketum PPHI Jateng

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:40 WIB

Gerindra Jateng Sambut Sekber Gerindra-PKB Pemilu 2024

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:03 WIB
X