Dampak Pandemi Covid-19, Penduduk Lansia Banyak Alami Depresi

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 22:14 WIB
Talkshow secara virtual melalui zoom meeting yang digelar oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM dengan tema “Menyoal Ketidaksetaraan Implementasi Kebijakan dan Sistem Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia”, kemarin. (suaramerdeka.com/dok)
Talkshow secara virtual melalui zoom meeting yang digelar oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM dengan tema “Menyoal Ketidaksetaraan Implementasi Kebijakan dan Sistem Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia”, kemarin. (suaramerdeka.com/dok)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Isu kesehatan jiwa dalam disituasi pandemi Covid-19 dinilai sangat krusial dan harus memiliki wadah diskusi untuk mengentaskan segala permasalahan kesehatan jiwa.

Oleh sebab itu, Pusat Rehabilitasi YAKKUM mengadakan Talk Show Nasional secara virtual melalui zoom meeting bertema “Menyoal Ketidaksetaraan Implementasi Kebijakan dan Sistem Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia”, pada Jumat (29/10).

Talkshow yang dimoderatori oleh Ranie Ayu Hapsari tersebut mengenai realisasi kebijakan kesehatan jiwa yang setara.

Baca Juga: Hari Listrik Nasional ke-76: PLN Terangi 75.278 Desa di Penjuru Negeri, Memutar Roda Ekonomi

Selain itu juga memberikan kesempatan bagi organisasi disabilitas psikososial berbicara untuk menjadikan program dan pelayanan kesehatan jiwa dapat menjadi fokus perhatian.

Juga pilihan strategi dalam mencapai implementasi kebijakan kesehatan jiwa yang setara dengan beberapa narasumber dari tingkat lokal hingga nasional.

Masalah kesehatan jiwa merupakan isu yang penting ini, apalagi dimasa pandemi ketika banyak orang meningkat menjadi pandemi Covid-19, terjadi peningkatan stres.

"Tentu saja alasan karena mereka kehilangan pekerjaan, mereka yang sering berjalan keluar, diharuskan didalam dan tetap dirumah saat pandemi menyebabkan kejenuhan dan menyebabkan stres. Gangguan mental harus menjadi fokus kita semua," Ungkap salah satu narasumber dalam Talk Show, Maliki yang juga merupakan Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca Juga: Ikon Kota Semarang, Hendi Minta PNS Pemkot Aktif Belanja di Pasar Johar

Lewat Talk Show ini, lanjutnya, dibahas permasalahan mengenai kesehatan jiwa di Indonesia seperti permasalahan ketidaksetaraan bagi penyandang disabilitas, kurangnya layanan publik, dan tentang penerimaan penyandang disabilitas di tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X