Pemkab Magelang Terima Opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2020

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:24 WIB
Bupati Magelang Zaenal Arifin (kiri) menerima piagam predikat opini WTP atas LKPD tahun anggaran 2020 di Rumah Dinas Bupati Magelang. (suaramerdeka.com / dok)
Bupati Magelang Zaenal Arifin (kiri) menerima piagam predikat opini WTP atas LKPD tahun anggaran 2020 di Rumah Dinas Bupati Magelang. (suaramerdeka.com / dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Kabupaten Magelang menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020 dari Kementerian Keuangan melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Magelang.

Kepala KPPN Magelang, Nurhidayat dalam laporannya menyebut, predikat opini WTP tersebut memenuhi kriteria penilaian dari Direktur Akuntansi dan Pelaporan, Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

"LKPD yang disusun (Pemkab Magelang) telah memenuhi kriteria WTP, yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecakupan pengungkapan informasi dan kepatuhan terhadap perundang-undangan," jelasnya di Rumah Dinas Bupati Magelang.

Baca Juga: Pengelolaan Museum Masih Menghadapi Banyak Kendala, Perlu Dukungan Semua Pihak

Sementara itu, Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengklaim, opini WTP ini merupakan salah satu indikator sasaran Pemkab Magelang dalam mewujudkan visi Sedaya Amanah (sejahtera, berdaya saing, dan amanah).

Salah satu indikator tersebut, lanjut Zaenal, ialah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang amanah.

"Dukungan dan kerja sama dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan provinsi Jawa Tengah maupun lembaga di bawahnya sangat kami harapkan agar pengelolaan keuangan publik di Kabupaten Magelang lebih transparan dan akuntabel," tandasnya.***

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X