Lampaui Jangka Waktu Pennyimpanan, Pemkab Sleman Musnahkan Puluhan Ribu Arsip

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:41 WIB
Ilustrasi arsip. (Pixabay/@pexels)
Ilustrasi arsip. (Pixabay/@pexels)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Sebanyak 68.622 berkas arsip milik Pemkab Sleman akan dimusnahkan.

Langkah pemusnahan dilakukan karena arsip tersebut sudah tidak memiliki nilai guna, dan melampaui jangka waktu penyimpanan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman Sri Wantini menjelaskan, arsip daerah yang akan dimusnahkan tahun ini berasal dari 16 OPD, dan 1 BUMD.

Baca Juga: 605 Unit Perangkat Radio Telekomunikasi Tak Berizin Dimusnahkan

Diantaranya Sekretariat daerah, Inspektorat, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Badan Keuangan dan Aset Daerah, serta Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Terdapat pula arsip milik pemerintah kapanewon antara lain Godean, Mlati, dan Berbah.

"Perinciannya, arsip yang akan dimusnahkan dengan kategori arsip retensi diatas 10 tahun sebanyak 24.350 berkas, dan arsip kategori retensi dibawah 10 tahun sejumlah 44.272 berkas," terangnya, Rabu (27/10).

Baca Juga: Upayakan Penangguhan Sanksi WADA, KOI dan LADI Kebut Proses Penyelesaian

Berkas acara pemusnahan arsip sudah ditandatangani oleh Bupati. Selanjutnya, dokumen tersebut akan dihancurkan menggunakan metode peleburan secara kimiawi bertempat di UD Samak Jaya Karton, Mungkid, Magelang.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan pemusnahan arsip merupakan upaya dalam penyusutan arsip, yang didasarkan pada Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Nomor 37 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusutan Arsip.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X