Dispuspa Kabupaten Magelang Gelar Pelatihan Mengolah Buah Salak bagi Kaum Disabilitas

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 11:23 WIB
Kegiatan Pelatihan Pembuatan Minuman Manisan Salak di Graha Pustaka, kompleks Dispuspa Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com / Birru Rakaitadewa)
Kegiatan Pelatihan Pembuatan Minuman Manisan Salak di Graha Pustaka, kompleks Dispuspa Kabupaten Magelang. (suaramerdeka.com / Birru Rakaitadewa)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Guna mewujudkan kemandirian ekonomi bagi kaum disabilitas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Minuman Manisan Salak pada 26-27 Oktober 2021.

Bertempat di Graha Pustaka, kompleks Dispuspa, kegiatan tersebut diikuti 17 peserta disabilitas tuli dan 3 orang tunadaksa dari Komunitas Warsamundung, organisasi sosial yang beranggotakan masyarakat penyandang disabilitas di Kabupaten Magelang.

Kaum disabilitas menerima pelatihan dari Moh Zito, pengusaha manisan salak dengan jenama "King Salacca" asal Kecamatan Srumbung.

Tersedia pula tiga penerjemah bahasa isyarat bagi para peserta disabilitas tuli dari Forum Ramah Difabel (Forda) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma).

Baca Juga: Harga Tes PCR Telah Diturunkan, Masyarakat Masih Protes

Kepala Dispuspa Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi mengatakan, pelatihan ini dilakukan karena melihat komoditas buah salak di Kabupaten Magelang yang potensial.

Pasalnya, menurut Bela perpustakaan kini sudah bertransformasi. Tidak hanya kegiatan membaca abjad dan angka, tapi pengenalan kemampuan kognitif untuk melakukan kegiatan ekonomi produktif.

"Kami ingin produksi salak di Kabupaten Magelang tetap bisa dijaga kelestariannya dan membantu ekonomi masyarakat dalam menjadi petani salak," jelas Bela di ruang kerjanya, belum lama ini.

Bela menyebut peserta disabilitas diikutkan dalam pelatihan lantaran pihaknya menargetkan kemandirian ekonomi bagi kaum disabilitas, sekaligus berharap mereka akan mandiri dan berdaya secara ekonomi.

Baca Juga: Festival Penutup Kepala Perempuan Nusantara, Meriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan Ragam Kebudayaan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X