Ganjar: Sikapi Fenomena Alam dengan Ilmu Titen

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:41 WIB
Rapat Koordinasi (Rakor) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah,  Bidang Penanggulangan Bencana (PB) (sm/dok)
Rapat Koordinasi (Rakor) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah, Bidang Penanggulangan Bencana (PB) (sm/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Beberapa hari terakhir, beberapa Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa Tengah mengalami kejadian akibat hujan seperti banjir dan longsor, serta gempa bumi.

“Jawa Tengah merupakan laboratorium bencana, sehingga kita semua harus memiliki sikap adaptif, juga ilmu titen (artinya teliti, mengingat),” ujar Ganjar Pranowo saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah,

Bidang Penanggulangan Bencana (PB) dengan tema Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir dan Longsor, di Kampus Akbara PMI Surakarta, Selasa siang (26/10).

Baca Juga: Bupati Kendal Rotasi 10 Kepala OPD

Rakor yang diikuti oleh Ketua, Pengurus Bidang PB dan Anggota Dewan Kehormatan PMI Kabupaten/Kota Se-Jateng ini, dihadiri pula Ketua Dewan Kehormatan PMI Jateng Taj Yasin Maimoen,

Ketua Bidang PB PMI Pusat Letjen (Purn) Soemarsono, Ketua BAZNAS Jateng KH. Ahmad Darodji, Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Sukasno, Kabid Penanganan Darurat BPBD Jateng Dicki Ruli Perkasa dan Walikota Solo Gibran Rakabuming.

Banyak orang yang mengatakan bahwa akan terjadi bencana alam, agar disikapi dengan bijaksana pula.

“Manusia harus bijaksana. Bijaksana dengan menanyakan kepada ahlinya, yang memiliki ilmu pengetahuan tentang evolusi bumi dan kebencanaan. Kita ikuti saja, tanda-tanda alamnya ada, ilmu pengetahuannya ada, teknologinya ada. Nah, tugas kita sekarang adalah membantu mengedukasi kepada mereka dan masyarakat,” pesan Ganjar Pranowo.

Diwilayah yang rawan bencana, agar melakukan kesiapsiagaan dan memberikan informasi jelas agar masyarakat tidak berpikir negatif dan panik.

“Segera saya perintahkan pasukan pengurangan resiko bencana sekarang harus tiap hari keliling dan mengedukasi masyarakat sambil memberikan informasi. Saya juga meminta pada kawan-kawan di daerah rawan untuk apel siaga.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X