Kekebalan akan Berkurang, Perlu Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:00 WIB
Vaksin Covid 19. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)
Vaksin Covid 19. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Indonesia diprediksi akan mengalami gelombang ketiga Covid-19 pada Desember 2021-Januari 2022.

Pakar epidemiologi UGM, dr Riris Andono Ahmad MPH PhD mengungkapkan gelombang ketiga Covid-19 merupakan keniscayaan.

''Hanya saja pertanyaanya, kapan terjadi dan seberapa tinggi sangat tergantung dengan situasi yang berkembang di masyarakat,'' tandas Andono.

Baca Juga: Upgris-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Ia menjelaskan munculnya gelombang ketiga Covid-19 atau gelombang-gelombang berikutnya sangat tergantung pada kondisi masyarakat.

Menurutnya mobilitas, interaksi sosial, dan kepatuhan dalam implementasi 3 M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker bisa memicu gelombang ketiga.

Direktur Pusat Kajian Kedokteran Tropis UGM tersebut mengatakan virus Covid-19 masih terus ada dan tidak sedikit orang yang tidak memiliki kekebalan.

Pada orang yang telah mendapatkan vaksin Covid-19, kekebalan yang didapat pun akan menurun seiring berjalannya waktu.

Beberapa negara dengan cakupan vaksinasi realtif tinggi seperti Israel, Inggris, Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa saat ini pun berjuang kembali dengan Covid-19 akibat varian Delta.

Menurutnya saat ada varian Delta dengan tingkat penularan lebih tinggi, perlu cakupan imunitas yang lebih tinggi pula dalam populasi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X