Disnakertrans Jateng Kembangkan Aplikasi Lowker 'E-Makaryo', Jawab Berbagai Problem di Masyarakat

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Acara Sosialisasi Peluang, Mekanisme, dan Prosedur Kerja, Jumat 22 Oktober 2021, di Aula Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / dok)
Acara Sosialisasi Peluang, Mekanisme, dan Prosedur Kerja, Jumat 22 Oktober 2021, di Aula Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. (suaramerdeka.com / dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Tengah mengembangkan aplikasi lowongan kerja berbasis website, E-Makaryo.

Dalam acara Sosialisasi Peluang, Mekanisme, dan Prosedur Kerja, Susan Wawan, dari Disnakertrans Jateng mengatakan bahwa seringkali terjadinya hambatan informasi tentang lowongan pekerjaan dari perusahaan kepada masyarakat.

Selain itu juga adanya ketidakseimbangan antara lowongan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah pencari kerja sehingga E-Makaryo dari Disnakertrans Jateng diharapkan menjawab permasalahan yang ada.

"E-Makaryo dihadirkan untuk menjawab berbagai problem yang ada di masyarakat. Biasanya informasi lowongan kerja dari perusahaan tidak sampai kepada masyarakat. Selain itu memang lowongan pekerjaan yang tersedia tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja," tutur Susan Wawan, Jumat 22 Oktober 2021, di Aula Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.

Baca Juga: Gempa Bumi 3 SR Guncang Ambarawa, Pusat Gempa di Barat Laut Salatiga

I Gusti Ayu Dewi Sekar Anom menuturkan, Disnakertrans Jateng dalam paparannya mengatakan bahwa cara mengakses E-Makaryo sangatlah mudah.

Hanya dengan menggunakan akun Gmail, masyarakat bisa menemukan ribuan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Aplikasi ini mempertemukan antara penyedia kerja, pencari kerja, dan BLK di Jawa Tengah.

Calon tenaga kerja yang telah mendaftarkan sebelumnya, tinggal masuk dan mencari pekerjaan yang diinginkan sesuai keahliannya.

Baca Juga: SMP Negeri 1 Dawe Gelar Sarasehan Literasi, Siswa Diajak Belajar Menulis Berita

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X