Hari Santri Nasional, Ganjar dan Pegawai Pemprov Jateng Ngantor Pakai Sarung

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:32 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama pegawai Pemprov mengenakan sarung saat tiba di kantor Gubernuran. (Instagram @semaranghebat_jatenggayeng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama pegawai Pemprov mengenakan sarung saat tiba di kantor Gubernuran. (Instagram @semaranghebat_jatenggayeng)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beramai-ramai mengenakan sarung dan baju koko tepat pada Hari Santri Nasional, Jumat 22 Oktober 2021.

Hal itu menindaklanjuti Edaran Gubernur Nomor: 450/0014496 tentang Peringatan Hari Santri Nasional.

Dalam edaran yang ditujukan kepada OPD disebutkan bahwa pegawai di seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jateng untuk mengenakan Sarung, Baju Koko, dan Berpeci untuk laki laki, sedangkan untuk perempuan dan nonmuslim menyesuaikan.

"Jadi insyaallah ASN di Pemprov Jateng semua menggunakan sarung dan pakaian santri. Untuk ASN yang beragama lain, boleh menyesuaikan dan tidak wajib," jelas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Gus Im: Memilih Pemimpin Bukan Hanya Urusan Dunia Saja tapi juga Kehidupan Akhirat, Apa Saja Syaratnya?

Tidak hanya simbol semata, mengenakan pakaian ala santri pada peringatan Hari Santri lanjut Ganjar diharapkan bisa memberikan satu spirit nasionalisme.

Tidak hanya bajunya saja yang santri, tapi semua orang bisa meneladani bagaimana perjuangan para ulama, para santri saat resolusi jihad dikumandangkan.

"Saat itu, siapapun di antara kita bisa berkontribusi pada keberlangsungan pembangunan bangsa dan negara. Maka tidak sedikit, pondok pesantren saat itu juga menjadi titik-titik perjuangan. Hari ini, kita teladani semangat para ulama dan para santri itu," terangnya.

Menanggapi kebijakan itu, Fraksi PKB menyambut gembira dan mengapresiasi upaya Pemerintah Jateng terus menyosialisasikan hari santri nasional.

Baca Juga: Dikunjungi Sahabat Suara Merdeka, Komunitas Diajeng Merasa Spesial

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Libur Akhir Tahun, Destinasi Wisata di Sleman Tetap Buka

Minggu, 28 November 2021 | 15:57 WIB

Tembakau Musim 2021 Masih Belum Menguntungkan Petani

Sabtu, 27 November 2021 | 21:49 WIB

Gebrak Bayi, Tradisi Berkah Si Buah Hati

Jumat, 26 November 2021 | 22:28 WIB

Polres Pemalang Tangkap Pembuat dan Penjual Uang Palsu

Kamis, 25 November 2021 | 16:12 WIB
X