DIY Masuk PPKM Level 2, Epidemiolog UGM Minta Masyarakat Tetap Waspada dan Disiplin Prokes

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)
Suasana lengang tampak di sektor utara pedestrian Malioboro pada penerapan PPKM Darurat hari pertama, Sabtu (3/7). (Suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kabupaten dan Kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam PPKM level dua berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 53 tahun 2021.

Meski DIY sudah masuk PPKM level 2, epidemiolog UGM, Bayu Satria, menegaskan masyarakat tetap perlu waspada dan berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena ancaman penularan virus belum benar-benar hilang.

Situasi yang relatif kondusif untuk beraktivitas di tempat umum bisa dinikmati untuk seterusnya hanya jika masyarakat menjalankan peran masing-masing dalam penanganan Covid-19 selama pelonggaran PPKM.

“Masyarakat perlu diberi pemahaman dan edukasi bahwa kondisi seperti sekarang ini tanggung jawab semuanya. Kalau ingin seperti ini terus bisa keluar rumah dengan tetap pakai masker ya mau divaksinasi, disiplin pakai masker, mau diperiksa jika jadi kontak erat,” terangnya, dilansir dari laman resmi UGM.

Baca Juga: 180 Siswa MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga Divaksin, Ikhtiar Putus Mata Rantai Covid-19

Bayu memaparkan, kondisi pandemi di DIY pada saat ini memang terlihat jauh lebih baik jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Hal ini paling terlihat dari jumlah kasus yang dirawat di rumah sakit serta angka kematian harian.

Selain itu tidak ada lagi pemberitaan bahwa rumah sakit kekurangan tempat tidur, pemakaman antre, dan berita lain yang secara tidak langsung menggambarkan tingginya angka kasus dan kematian.

Namun, kasus OTG atau gejala ringan kemungkinan tidak sepenuhnya sesuai dengan gambaran kasus yang tercatat karena masih banyak masyarakat yang takut diperiksa terutama jika mengalami gejala ringan atau OTG.

Baca Juga: Cara Menjaga Fokus Saat Membaca Buku

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X