Penahanan Tersangka Pengrusakan Pabrik di Pajitex untuk Kepentingan Tahap Dua

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 20:30 WIB
Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi (sm/dok)
Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Wahyu Rohadi (sm/dok)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Polres Pekalongan Kota menolak anggapan bila terjadi kesalahan dalam penanganan perkara pengrusakan inventaris PT Panggung Jaya Indah Textil (Pajitex), Buaran, Pekalongan. Dan, keberatan jika dinilai mengkriminalisasi.

Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, Minggu 17 Oktober 2021 untuk mengklarifikasi terkait kasus penanganan perkara pengrusakan sarana di pabrik tersebut.

Menurutnya apa yang dilakukan penyidik sudah sesuai alur dan pada proses penyidikan sampai menjelang tahap dua ke kejaksaan, polisi tidak menahan para tersangka.

Baca Juga: Final Piala Thomas, Ginting Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas China

"Kami jelaskan, sejak proses penyidikan sampai dengan P21 tidak dilakukan penahanan. Jadi sejak bulan Agustus sampai pertengahan Oktober tidak ada penahanan," terang Kapolres.

Tersangka ditahan, kata dia, karena pada tahap dua, barang bukti dan tersangka harus diserahkan. Maka dari itu, penyidik memutuskan melakukan penahanan.

"Baru pada tanggal 15 Oktober 2021 kemarin dilakukan penahanan terhadap para tersangka, itu pun dalam rangka proses tahap dua. Kalau tahap dua yang harus dilimpahkan ke kejaksaan _kan_ barang bukti dan tersangka.

Makanya dilakukan penahanan untuk mempermudah proses penyerahannya ke kejaksaan. Penyidik murni melakukannya atas pertimbangan hukum," tegasnya.

Kapolres juga membenarkan bahwa para tersangka sudah menggunakan hak hukumnya dengan mengajukan proses praperadilan. Tetapi, gugatan itu ditolak.

Hakim menilai tidak ada kesalahan dalam penanganan perkara pengrusakan sarana di Pajitex.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB
X