Temanggung akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:41 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadiq meninjau lokasi Food Estate di Kecamatan Bansari. (suaramerdeka.com/dok)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadiq meninjau lokasi Food Estate di Kecamatan Bansari. (suaramerdeka.com/dok)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Kementan akan dorong Kabupaten Temanggung untuk dijadikan super prioritas pertanian di Pulau Jawa dengan dibentuknya Food Estate atau lumbung pangan di lahan pertanian seluas 300 hektare.

Lumbung pangan tersebut nantinya akan tersebar di Kecamatan Bansari, Bulu, Parakan, Kledung dan Ngadirejo.

Lumbung pangan berisi komoditas bawang merah, bawang putih, kentang dan cabai yang sudah diikuti oleh 31 kelompok tani dengan jumlah total 358 petani.

Dengan potensi wilayah yang subur, Kabupaten Temanggung sangat potensial untuk dibangun food estate, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan kota-kota besar di Indonesia, utamanya di Pulau Jawa.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Acai Berry, Buah Khas dari Negara Brazil

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai meninjau lokasi food estate di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Jumat (15/10) mengatakan, Kabupaten Temanggung sangat cocok dijadikan lokasi lumbung pangan lantaran memiliki tanah yang subur dan sumber air yang memadai.

"Saya melihat persiapan Pak Bupati luar biasa, ini baru kurang lebih 5 sampai 10 hektar lahan yang sudah jadi, besok itu bupati menjanjikan 200 sampai 300 hektare."

"Kalau ini berhasil, tentu akan menjadi contoh yang bisa diikuti oleh kabupaten lain yang ada di Indonesia," katanya.

Mentan menambahkan, pihaknya akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menjamin hasil produksi pertanian dari food estate bisa terserap seluruhnya.

Baca Juga: TV Digital Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Isi Siaran untuk Pemirsa

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X