Jelajah Wisata Jawa Tengah Lewat Mubeng Jateng

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:16 WIB
Pekerja di pabrik Rokok Sintren yang didominasi para lansia menjadi salah satu ikon wisata budaya di Gombong, Kebumen. (suaramerdeka.com/dok)
Pekerja di pabrik Rokok Sintren yang didominasi para lansia menjadi salah satu ikon wisata budaya di Gombong, Kebumen. (suaramerdeka.com/dok)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Para pelaku wisata di Jawa Tengah berkolaborasi menyelenggarakan wisata maya (virtual tour) dari berbagai kota di Jawa Tengah.

Kegiatan ini akan dilakukan setiap bulan secara bergilir dengan mengangkat daya tarik wisata di masing-masing kota.

Kegiatan bertajuk "Mubeng Jateng" ini diharapkan akan menjadi sarana terwujudnya jejaring pelaku wisata antarkota sekaligus mempromosikan berbagai destinasi yang ada di Jawa Tengah.

Salah satu penggagas Mubeng Jateng Sigit Tri Prabowo mengungkapkan bahwa gagasan ini bermula dari diskusi beberapa pelaku wisata terkait lesunya industri pariwisata sebagai dampak pandemi.

Baca Juga: Raih Medali di PON Papua, Tak Miliki Tempat Latihan di Kota Asal

Trend dunia wisata yang mulai menunjukkan perbaikan perlu disikapi dengan memperkuat jejaring sekaligus mengintensifkan promosi.

Ide ini ternyata mendapat sambutan positif dari berbagai pihak hingga bergabung 12 komunitas dari berbagai kota sebagai langkah awal.

"Saat ini kita sudah menyusun jadwal virtual tour sampai bulan April. Kota yang sudah menyanggupi menjadi tuan rumah adalah Kebumen, Purwokerto, Purworejo, Sukoharjo, Temanggung, Solo dan Cilacap. Dalam waktu dekat beberapa kota juga akan bergabung lagi,” jelas Sigit yang juga pendiri Milangkori Tour.

Dia menambahkan bahwa selain melibatkan pelaku wisata, kegiatan ini juga didukung oleh beberapa lembaga nirlaba dan perguruan tinggi.

Baca Juga: Kalahkan Persik Kediri 3-0, PSIS Tempel Ketat Bhayangkara FC di Peringkat Pertama

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Level 3 Batal, DIY Tetap Perketat Pengawasan

Rabu, 8 Desember 2021 | 10:36 WIB

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB
X